Sistem Rehabilitasi Pecandu Narkoba Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh Dalam Merehabilitasi Pasien

Kusmawati Hatta, 2020196401 (2023) Sistem Rehabilitasi Pecandu Narkoba Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh Dalam Merehabilitasi Pasien. In: Sistem Rehabilitasi Pecandu Narkoba Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh Dalam Merehabilitasi Pasien. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Rehabilitasi Pecandu Narkoba Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh Dalam Merehabilitasi Pasien] Text (Sistem Rehabilitasi Pecandu Narkoba Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh Dalam Merehabilitasi Pasien)
Dr. Kusmawati Hatta, M. Pd.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk melihat bagaimana sistem rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh dalam melakukan rehabilitasi kepada pasien pecandu narkoba. Permasalahan ini layak diangkat karena masih banyaknya kasus penyebaran narkoba di Provinsi Aceh. Metode penelitian dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ditemukan bahwa sistem rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh melalui beberapa tahapan. Tahapan identifikasi yang dilakukan oleh tenaga ahli. Hasil uji itu akan ditemukan apakah tergolong berat maupun ringan. Apabila gejala ringan akan diberikan terapi selama 8 kali di klinik BNNP Aceh. Apabila gejala berat maka akan direkomendasikan untuk terapi rawat inap. Beberapa mitra dari BNNP dapat melaksanakan terapi rawat inap oleh tenaga terapi profesional. Beberapa kendala yang dihadapi adalah titik masuk pelabuhan tikus yang sulit dijangkau, lingkungan masyarakat, tempat rehabilitasi, pasien kambuh lagi. Upaya penyebaran informasi yang dilakukan BNNP Aceh setidaknya ada tiga jenis yaitu Sosial media, Intervensi berbasis Masyarakat, dan podcast.

Item Type: Book Section
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:05
Last Modified: 07 Nov 2023 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31369

Actions (login required)

View Item
View Item