Penguatan Kewirausahaan Ummat Berbasis Masjid pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh

Kamaruddi, MA, 2014046901 (2023) Penguatan Kewirausahaan Ummat Berbasis Masjid pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh. In: Penguatan Kewirausahaan Ummat Berbasis Masjid pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penguatan Kewirausahaan Ummat Berbasis Masjid pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh] Text (Penguatan Kewirausahaan Ummat Berbasis Masjid pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Banda Aceh)
Kamaruddi, MA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada Penelirian ini Masjid dipandang memiliki potensi dan peluang yang besar untuk ikut andil dalam penguatan UMKM. kajian untuk mengetahui sejauhmana kelembagaan masjid dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka penguatan kewirausahaan ummat dan UMKM. mekanisme pelaksanaan, prospak pendanaan, dan pembiayaan Syariah bagi UMKM. Tujuan Penelitian ini ialah mencari tahu potensi Masjid dari sumber daya manusia, kelembagaan, pendanaan dalam rangka revitalisasi kewirausahaan melalui penguatan UMKM; dan mekanisme penguatan kewirausahaan dan UMKM yang berbasis Masjid. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan deksinterview. Hasil penelitian Potensi Masjid dari usaha galery dan souvenir targetnya tamu-tamu wisatawan dari luar baik lokal maupun mancanegara dengan berdatangan untuk membeli souvenir. Setelah muncul virus covid-19 unit usaha souvenirpun tutup dan tidak berjalan lagi sampai sekarang dikarenakan tidak ada pengunjung dan pembeli begitu juga dengan hotel syariah milik Masjid Al-Makmur. Kemudian Mekanisme Keterlibatan dalam usaha ini adalah pihak pengurus BKM masjid dan juga sebagian masyarakat yang ikut membantu dalam pengelolaan unit usaha warung kuliner dan Hotel syariah milik masjid Al- Makmur. Pihak lembaga Bank Indonesia ikut membantu dalam biaya pembangunan unit usaha yang sebelumnya mereka telah mengkoordinasi dengan pengurus BKM.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:25
Last Modified: 07 Nov 2023 08:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31379

Actions (login required)

View Item
View Item