Strategis Peningkatan Komunikasi Sosial Unit Pelaksaan Teknis Asrama Haji Embarkasi Kepada Calon Jama’ah Haji Aceh Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kementrian Agama Aceh)

Khairul Habibi, 2025119101 (2023) Strategis Peningkatan Komunikasi Sosial Unit Pelaksaan Teknis Asrama Haji Embarkasi Kepada Calon Jama’ah Haji Aceh Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kementrian Agama Aceh). In: Strategis Peningkatan Komunikasi Sosial Unit Pelaksaan Teknis Asrama Haji Embarkasi Kepada Calon Jama’ah Haji Aceh Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kementrian Agama Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategis Peningkatan Komunikasi Sosial Unit Pelaksaan Teknis Asrama Haji Embarkasi Kepada Calon Jama’ah Haji Aceh Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kementrian Agama Aceh)] Text (Strategis Peningkatan Komunikasi Sosial Unit Pelaksaan Teknis Asrama Haji Embarkasi Kepada Calon Jama’ah Haji Aceh Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kementrian Agama Aceh))
Khairul Habibi, M.Ag.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini melihat sisi strategi komunikasi terhadap pelayanan Ibadah Haji masalah dalam penyelenggaraan ibadah haji di Aceh oleh Kementerian Agama, diantaranya, terkait dengan pelayanan administrasi melengkapi dokumen tasi serta pembuatan paspor kepada calon jamaah haji, adanya temuan masih kurang kengkap adminstrasi calon jamaah haji dapat memperlambat proses imigrasi dan ini seharusnya bisa di tangani dengan serius oleh pihak yang berhaji ditambah lagi dengan situasi dan kondisi selama covid-19 banyak informasi yang masih belum diketahui. Tujuan Penelitan Untuk menganalisa strategi komunikasi unit pelaksana teknis asrama haji Embarkasi Kementerian Agama Aceh Selama Pandemi Covid-19 kepada Calon Jamaah Haji. Untuk mendeskripsikan dampak strategi dan komunikasi sosial unit pelaksaan teknis asrama haji embarkasi Kementerian Agama Aceh dengan calon Jamaah Haji selama pandemi Covid-19. penelitian menggunakan kualitatif pendekatan deskriptif analitis untuk pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian komunikasi yang dilaksanakan sudah bagus sesuai dengan prosedur oleh pihak panitia haji kepada calon jamaah Haji Kota Banda Aceh namun ada dampak yang diterima yaitu pertama jamaah sebagian bisa lebih efektif jika mendengarkan dari pihak panitia saja dan tetap santai selama pandemi ini, kemudian ada dampak negatif yaitu adanya masyarakat yang sering menerima informasi dari berita hoaks yang tidak jelas sumbernya, kemudian masyarakat kurang aktif untuk mencari tahu berita yang jelas kepada panitia haji.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:05
Last Modified: 07 Nov 2023 08:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31380

Actions (login required)

View Item
View Item