Analisis Pengelolaan Dana Desa untuk Kegiatan Ragam Agama di Kota Banda Aceh

Mirza Fanzikri, 2002079001 (2023) Analisis Pengelolaan Dana Desa untuk Kegiatan Ragam Agama di Kota Banda Aceh. In: Analisis Pengelolaan Dana Desa untuk Kegiatan Ragam Agama di Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Pengelolaan Dana Desa untuk Kegiatan Ragam Agama di Kota Banda Aceh] Text (Analisis Pengelolaan Dana Desa untuk Kegiatan Ragam Agama di Kota Banda Aceh)
Mirza Fanzikri, S.Sos.I, M.Si.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan dana desa merupakan hak otonom pemerintahan desa sesuai mandat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, dengan mempertimbangkan karakteristik penduduk dan mengedepankan prinsip keadilan, demokrasi, akuntabilitas, kesetaraan, dan keberagaman. Salah satu tantangan dalam pengelolaan dana desa pada wilayah berpenduduk multikultur adalah pengelolaan anggaran untuk kegiatan keagaaman. Di Kota Banda Aceh, mayoritas penduduk dan semua kepala desa adalah muslim. Di sisi lain, terdapat beberapa wilayah yang berpenduduk agama non muslim. Kondisi ini menjadi suatu fenomena menarik dalam kajian pengelolaan dan penggunaan dana desa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan menganalisis proses pengalokasian dan efektifitas penggunaan dana desa untuk kegiatan ragam agama. Serta mengkaji dan menganalisis dampak pengelolaan dana desa terhadap kerukunan umat beragama di Kota Banda Aceh.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:59
Last Modified: 07 Nov 2023 07:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31382

Actions (login required)

View Item
View Item