Merawat Multikultural Pada Masyarakat Nelayan Studi Kasus Masyarakat Pesisir Pusong Lhokseumawe

Nofal Liata, M.Si, 2028108404 (2023) Merawat Multikultural Pada Masyarakat Nelayan Studi Kasus Masyarakat Pesisir Pusong Lhokseumawe. In: Merawat Multikultural Pada Masyarakat Nelayan Studi Kasus Masyarakat Pesisir Pusong Lhokseumawe. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Merawat Multikultural Pada Masyarakat Nelayan Studi Kasus Masyarakat Pesisir Pusong Lhokseumawe] Text (Merawat Multikultural Pada Masyarakat Nelayan Studi Kasus Masyarakat Pesisir Pusong Lhokseumawe)
Nofal Liata, M.Si.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Studi ini mengkaji tentang merawat multikultural masyarakat nelayan desa Pusong Lhokseumawe, yang merupakan suatu desa masyarakatnya memiliki keyakinan lima agama dengan tempat ibadah saling berdekantan, dan komposisi masyarakantya dari berbagai etnis tampa terjadinya konflik antar agama dan etnis. Uniknya adalah daerah tersebut berlokasi di Aceh yang menerapkan syari’at islam, mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Secara umum masyarakat nelayan di desa ini berpendidikan tamatan sekolah dasar, namun mereka sangat menjunjung tinggi nilai-nilai multikulturalisme, pluralisme, moderasi beragama dan saling membantu tampa mempersoalkan latar belakang seseorang. Kehidupan sosial seperti ini telah berlangsung cukup lama, malahan masyarakat Pusong mayoritas islam pernah menjadi tameng untuk melindungi tempat ibadah non muslim yang akan di serbu kelompok masyarakat datang dari luar.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 305 Kelompok sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:26
Last Modified: 07 Nov 2023 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31383

Actions (login required)

View Item
View Item