Perancangan Sistem Aplikasi Web Dan Mobile Pada Monitoring Dan Evaluasi Program Tahfidz Quran Di Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Kabupaten Pidie

Ridwan, 2024028401 (2023) Perancangan Sistem Aplikasi Web Dan Mobile Pada Monitoring Dan Evaluasi Program Tahfidz Quran Di Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Kabupaten Pidie. In: Perancangan Sistem Aplikasi Web Dan Mobile Pada Monitoring Dan Evaluasi Program Tahfidz Quran Di Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Kabupaten Pidie. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Perancangan Sistem Aplikasi Web Dan Mobile Pada Monitoring Dan Evaluasi Program Tahfidz Quran Di Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Kabupaten Pidie] Text (Perancangan Sistem Aplikasi Web Dan Mobile Pada Monitoring Dan Evaluasi Program Tahfidz Quran Di Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Kabupaten Pidie)
Ridwan, M.T.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Kabupaten Pidie merupakan salah satu lembaga pendidikan yang terdapat sekolah dan program tahfidz. Pada pelaksanaanya, pencatatan hafalan qur’an setiap Santri dilakukan pada satu lembaran kertas. Perkembangan teknologi informasi mengharuskan suatu lembaga pendidikan untuk dapat mengimplementasikannya dengan baik. Penelitian ini bertujuan membangun sistem monitoring dan evaluasi tahfidz qur’an yang baik dalam penyajian datanya kepada MUQ Kabupaten Pidie dan orang tua/wali Santri. Informasi data pada sistem aplikasi web dan mobile yang diusulkan berupa data informasi dalam bentuk tabel, teks, grafik perkembangan tahfidz dan laporan ketercapaian hafalan. Metode penelitian research and development digunakan dengan model pengembangan aplikasi yaitu waterfall. Aplikasi dibangun menggunakan konsep layanan web yang menghubungkan antar aplikasi web dan mobile. Hasil penelitian dapat membanguan suatu sistem monitoring dan evaluasi berupa aplikasi web dan mobile untuk manajemen data perkembangan tahfidz yang menyajikan data berupa teks, grafik dan tabel sehingga memberikan fungsi monitoring dan evaluasi yang mudah, cepat dan efisien. Bagi para orang tua/wali Santri juga dapat memantau perkembangan hafalan anaknya melalui aplikasi mobile.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:03
Last Modified: 07 Nov 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31385

Actions (login required)

View Item
View Item