Program Pesantren Wilayah Perbatasan (Studi Implementasi Dan Pengaruhnya Terhadap Relasi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Aceh Tamiang)

Siti Nur Zalikha, M.Si., 2128029002 (2023) Program Pesantren Wilayah Perbatasan (Studi Implementasi Dan Pengaruhnya Terhadap Relasi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Aceh Tamiang). In: Program Pesantren Wilayah Perbatasan (Studi Implementasi Dan Pengaruhnya Terhadap Relasi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Aceh Tamiang). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Program Pesantren Wilayah Perbatasan (Studi Implementasi Dan Pengaruhnya Terhadap Relasi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Aceh Tamiang)] Text (Program Pesantren Wilayah Perbatasan (Studi Implementasi Dan Pengaruhnya Terhadap Relasi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Aceh Tamiang))
Siti Nur Zalikha, M.Si..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Program pesantren wilayah perbatasan merupakan program yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat maupun daerah. Provinsi Aceh sendiri memilik empat Pesantren Wilayah Perbatasan yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Subulussalam dan Aceh Tamiang. Dayah Perbatasan Manarul Islam Aceh Tamiang merupakan lembaga pendidikan yang dapat menjadi penyeimbang hubungan relasi antar umat beragama sehingga potensi konflik dapat berkurang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah Dayah Perbatasan Manarul Islam merupakan lembaga yang dapat mencegah terjadinya konflik antar umat beragama. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa hubungan relasi antara Dayah Manarul Islam dengan masyarakat sekitar terjadi dengan baik ditandai dengan adanya hubungan saling percaya dan kerja sama sosial diantara keduanya, yang secara tidak langsung akan menambah nilai ekonomi masyarakat sekitar sehingga menyebabkan berkurangnya konflik. Relasi antar umat beragama berjalan dengan baik ditandai dengan minimnya konflik antar umat beragama di Kabupaten Aceh Tamiang dan secara geografis letak Dayah Perbatasan Manarul Islam jauh dari masyarakat yang beragama nonmuslim, sehingga menyebabkan interaksi antar umat beragama kurang, dengan begitu peluang untuk terjadinya konflik di sekitar Dayah Perbatasan Manarul Islam juga akan berkurang. Maka dapat disimpulkan bahwa lembaga pendidikan seperti Dayah Perbatasan Manarul Islam dapat menjadi sarana meminamalisir potensi gesekan antar umat beragama.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:26
Last Modified: 07 Nov 2023 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31387

Actions (login required)

View Item
View Item