Moderasi Beragama (Studi Terhadap Komunikasi Budaya Persia di Aceh)

A. Rani Usman, 1311263170 (2023) Moderasi Beragama (Studi Terhadap Komunikasi Budaya Persia di Aceh). In: Moderasi Beragama (Studi Terhadap Komunikasi Budaya Persia di Aceh). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Moderasi Beragama (Studi Terhadap Komunikasi Budaya Persia di Aceh)] Text (Moderasi Beragama (Studi Terhadap Komunikasi Budaya Persia di Aceh))
A. Rani Usman.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena sejarah dimana kedatangan orang-orang Persia ke Aceh diterima secara baik dan terjadi berbagai interaksi dengan masyarakat Aceh sehingga banyak meninggalkan berbagai kebudayaan Persia di Aceh. Hal ini menunjukkkan bagaimana sikap inklusif masyarakat Aceh dalam menerima budaya asing melalui komunikasi budayanya pada saat itu dan berbagai kebenaran yang dibawa oleh kelompok tersebut. Sikap moderasi masyarakat Aceh telah ditunjukkan sejak dari awal masuk Islamnya ke Aceh, namun berbagai peristiwa dan sikap sekarang yang menindikasikan sebagai sikap tidak bermoderasi menjadi titip penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teori identis etnis dan teori dramaturgi. Hasil penelitian menunujkkan bahwa Aceh secara kultural memiliki sikap moderasi yag tinggi namun secara structural banyak indikasi justru merusak sikap moderasi masyarakat Aceh.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:01
Last Modified: 07 Nov 2023 08:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31388

Actions (login required)

View Item
View Item