Model Sekolah Paud Ramah Anak Berbasis Islam Di Kecamatan Singkohor Aceh Singkil

Ratna Rahmawati, 170210040 (2023) Model Sekolah Paud Ramah Anak Berbasis Islam Di Kecamatan Singkohor Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Model Sekolah Paud Ramah Anak Berbasis Islam Di Kecamatan Singkohor Aceh Singkil] Text (Model Sekolah Paud Ramah Anak Berbasis Islam Di Kecamatan Singkohor Aceh Singkil)
Ratna Rahmawati, 170210040, FTK, PIAUD, 082249048254.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal peneliti melihat bahwa PAUD Tunas Bangsa Singkohor, peneliti melihat bahwa guru kurang persiapan dalam memberikan pembelajaran pada anak, kurangnya penguatan dan pembiasaan dengan nilai-nilai keislaman pada anak usia dini. Tujuannya untuk mengetahui standar proses berbasis Islam di PAUD Tunas Bangsa Singkohor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek 3 orang dan menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa standar proses berbasis Islam di PAUD ini berjalan dengan semestinya berdasarkan lima indikator. (1) PAUD Tunas Bangsa Singkohor menggunakan pendekatan saintifik yang berbasis PAIKEMIS dengan menerapkan tanya jawab, mengamati dan menginformasikan sesuai dengan nilai keislaman, (2) pendidik mengajarkan anak berkata sopan, tetapi tidak membiasakan anak untuk berkata sopan, (3) Pendidik mengajarkan anak berperilaku baik dan brsikap sopan dan tidak membiasakan anak berperilaku baik dan bersikap sopan, (4) Pendidik kurang dalam menanamkan kecintaan kepada anak-anak terhadap budaya lokal, dan mengajarkan anak untuk memiliki kecakapan hidup bersosial dan memiliki moral yang baik dalam bersosial, (5) Pendidik memberikan rasa aman dan nyaman tetapi tidak intens pada saat proses belajar sedang berjalan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Ratna Rahmawati
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:24
Last Modified: 28 Aug 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31398

Actions (login required)

View Item
View Item