Perlindungan Keselamatan Kerja Pemadam Kebakaran BPBK Aceh Barat Daya Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam

Indy Wahyuni, 190102166 (2023) Perlindungan Keselamatan Kerja Pemadam Kebakaran BPBK Aceh Barat Daya Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Perlindungan Keselamatan Kerja Pemadam Kebakaran  BPBK Aceh Barat Daya Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam] Text (Perlindungan Keselamatan Kerja Pemadam Kebakaran BPBK Aceh Barat Daya Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam)
INDY WAHYUNI, 190102166, FSH, HES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Keselamatan kerja merupakan suatu masalah yang penting dalam setiap proses operasional terutama pada setiap anggota pemadam kebakaran, serta mencakup instrumen yang menjamin pekerja dari rentannya dampak bahaya terjadinya kecelakaan kerja. Permasalahan dalam penelitian ini mengenai perlindungan keselamatan kerja yang disebabkan oleh minimnya ketegasan dan pengawasan dari pihak kantor terhadap pekerjaan yang harus dilaksanakan sesuai SOP. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan keselamatan kerja pemadam kebakaran pada BPBK Aceh Barat Daya, dan praktik perlindungan keselamatan kerja pemadam kebakaran pada BPBK Aceh Barat Daya menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Hukum Islam. Objek kajian dalam penelitian ini adalah pihak kantor BPBK Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif, dimana data yang diperoleh bersumber dari hasil wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelaksanaan perlindungan keselamatan kerja pada BPBK Aceh Barat Daya belum maksimal, seperti pelaksanaan SOP pada pekerja masih terdapat kekurangan kedisiplinan, disebabkan oleh minimnya ketegasan serta pengawasan dari pihak kantor dalam penerapannya, dan masih kurangnya persediaan alat pelindung diri, juga belum semuanya anggota diikutsertakan pelatihan kerja, serta belum tersedianya kotak P3K untuk pekerja yang mengalami kecelakaan, dan untuk pemeriksaan kesehatan sebelum tenaga kerja bekerja juga belum dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.153 Lingkungan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Indy Wahyuni Indy
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:37
Last Modified: 28 Aug 2023 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31415

Actions (login required)

View Item
View Item