Aksesibilitas Informasi Mata Pelajaran Umum Siswa Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an (Muq) Banda Aceh

Julia Novita, 190503326 (2023) Aksesibilitas Informasi Mata Pelajaran Umum Siswa Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an (Muq) Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Aksesibilitas Informasi Mata Pelajaran Umum Siswa Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an (Muq) Banda Aceh] Text (Aksesibilitas Informasi Mata Pelajaran Umum Siswa Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an (Muq) Banda Aceh)
Julia Novita, 190503326, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Aksesibilitas Informasi Mata Pelajaran Umum Siswa Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an (MUQ) Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui proses aksesibilitas informasi mata pelajaran umum dan kendala aksesibilitas informasi mata pelajaran umum yang dihadapi oleh siswa di MTS MUQ Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti berupaya mendeskripsikan data yang telah diperoleh melalui wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 2 pustakawan dan 6 siswa/siswi Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Banda Aceh. Hasil dari penelitian yang peneliti peroleh berkenaan dengan “Aksesibilitas Informasi Mata Pelajaran Umum Siswa Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an (MUQ) Banda Aceh” diantaranya: (1) Proses aksesibilitas informasi mata pelajaran umum oleh siswa di MTS MUQ Banda Aceh; (a) Mudah akses; siswa/siswi MUQ Banda Aceh memperoleh kemudahan dalam mengakes setiap keperluan yang dibutuhkan di perpustakaan karena setiap siswa bisa memanfaatkan sumberdaya informasi mata pelajaran umum yang disediakan perpustakaan, (b) Ketersediaan informasi; dalam hal ini siswa/siswi masih sulit menemukan informasi mata pelajaran umum karena ketersediaan informasi di perpustakaan belum memadai. (c) Kemudahan menggunakan sistem; terdapat kemudahan ketika siswa/sisiwi mencari informasi mata pelajaran umum karena berbagai proses yang dilalui siswa berada dalam pengarahan pustakawan. Siswa selain mencari dirak buku juga diperbolehkan mencari melalui komputer jika ketersediaan informasi mata pelajaran umum tidak ditemukan dirak buku. (d) Cepat ditemukan informasi; setiap siswa/siswi dapat menggunakan komputer. Langkah ini dilakukan apabila informasi mata pelajaran umum yang diperlukan tidak terdapat pada rak perpustakaan. (e) Availability; terkait ketersediaan koleksi di perpustakaan masih belum memenuhi standar perpusnas, hal ini terlihat dari jumlah koleksi yang disediakan yang masih belum memadai, dimana siswa/siswi setiap akan meminjam buku telah duluan dipinjam oleh orang lain. (2) Kendala aksesibilitas informasi mata pelajaran umum yang dihadapi oleh siswa di MTS MUQ Banda Aceh; Berkaitan dengan jumlah koleksi yang belum memadai. Dimana siswa/siswi ketika hendak meminjam buku sering tidak menemukan buku karena buku yang sedang dibutuhkan telah dipinjam oleh siswa/siswi yang lain. Koleksi buku di perpustakaan MUQ Banda Aceh masih sangat minim. dimana perbandingan jumlah satu banding sepuluh (1:10) sehingga terdapat sembilan siswa/siswi yang tidak kebagian jika buku yang diperlukan telah duluan dipinjam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Julia Novita
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:33
Last Modified: 29 Aug 2023 02:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31417

Actions (login required)

View Item
View Item