Pengaruh Konsep Akidah Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah Dalam Penerapan Di Sekolah Raja Perempuan Ta’ayah Ipoh Perak Malaysia

Nawirah Binti Norazli, 190301027 (2023) Pengaruh Konsep Akidah Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah Dalam Penerapan Di Sekolah Raja Perempuan Ta’ayah Ipoh Perak Malaysia. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah] Text (Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah)
Nawirah Binti Norazli, 190301027, FUF, AFI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Akidah merupakan kepercayaan yang menjadi tali pengikat batin manusia dengan meyakini Allah. Akidah Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah adalah salah satu akidah yang diyakini sebagian besar umat Islam yang membawa pemahaman yang benar. Isu akidah ini harus diterapkan kepada anak-anak terutamanya remaja melalui pendidikan tahap sekolah menengah. Sekolah Raja Perempuan Ta’ayah merupakan antara sekolah yang ada melakukan penerapan akidah Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah agar pelajar di sekolah dapat pengaruh konsep akidah tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian field research. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data dengan menggunakan reduksi data.
Aliran yang digunakan di sekolah tersebut adalah al-Asya’ari dan al-Maturidi dan pengaruh penerapan yang dilihat di dalam penelitian ini berdasarkan pemahaman pelajar tentang sifat Allah dan Rasul, takdir dan ikhtiar serta pemahaman pelajar terhadap eskatologi yaitu kehidupan setelah kematian. Melalui data yang diterima pengaruh data berkaitan sifat Allah dan rasul serta pemahaman takdir dan ikhtiar sudah dikusai oleh pelajar di sekolah tersebut. Namun, pengaruh pelajar terhadap eskatologi masih belum sepenuhnya dikuasai oleh mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Nawirah Binti Norazli Nawirah
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:36
Last Modified: 28 Aug 2023 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31419

Actions (login required)

View Item
View Item