Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Di Smpn 18 Banda Aceh

Husna Farida, 180213104 (2023) Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Di Smpn 18 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Di Smpn 18 Banda Aceh] Text (Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik Di Smpn 18 Banda Aceh)
Skripsi husna rivisi Sidang.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kepercayaan diri adalah merupakan kunci motivasi diri, karena individu tidak dapat menjalani hidup dengan baik tanpa kepercayaan diri. Efektivitas, keyakinan pada diri sendiri baik itu tangkah laku, emosi dan kerohanian yang bersumber dari hati nurani untuk mampu melakukan segala sesuatu dengan kemampuan percaya diri yang baik, seseorang akan dapat mengaktualisasikan potensi-potensi yang ada dalam dirinya, percaya diri itu lahir dari kesadaran bahwa ketika seseorang memutuskan untuk melakukan sesuatu, sesuatu itu yang akan dilakukan. Tujuan yang ingin di capai dari diskusi untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas VII-4 di SMPN 18 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one – group – pretest-postes. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-4 di SMPN 18 Banda Aceh. Kemudian didapatkan 8 sampel dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknis diskusi kelompok untuk menangani peserta didik tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan Angket. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan rasa percaya disi siswa kelas VII-4. Dari uji hipotesis maka dapat disimpulkn bahwa penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif digunakan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII – 4 SMPN 18 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Husna Farida Husna
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:16
Last Modified: 29 Aug 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31426

Actions (login required)

View Item
View Item