Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbasis Intuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/Mts

Wirda Mirza, 190205021 (2023) Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbasis Intuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/Mts. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbasis Intuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/Mts] Text (Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) Berbasis Intuisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP/Mts)
Wirda Mirza, 190205021, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan saat ini adalah melatih siswa berkomunikasi dalam proses belajar mengajar dan memiliki keterampilan untuk berpikir dalam meningkatkan hasil belajar salah satunya kemampuan komunikasi matematis, namun kenyataannya hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa ialah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran CRA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran CRA berbasis intuisi dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa MTsN 6 Aceh Besar. Penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian yaitu quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 6 Aceh Besar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling yang sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen yang diimplementasikan pendekatan CRA dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol yang diimplementasikan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wirda Mirza
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:45
Last Modified: 28 Aug 2023 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31430

Actions (login required)

View Item
View Item