Penerapan Teknik Self Control untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Game online apda Siswa SMKN 1 Calang

Raudhatul Husna, 180213027 (2023) Penerapan Teknik Self Control untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Game online apda Siswa SMKN 1 Calang. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Teknik Self Control untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Game online apda Siswa SMKN 1 Calang] Text (Penerapan Teknik Self Control untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Game online apda Siswa SMKN 1 Calang)
BAB I 2345 HUSNA PASCA SIDANG SARJANA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Game online merupakan permainan yang sangat berkembang dikalangan remaja termasuk kalangan pelajar pada siswa SMKN 1 Calang. Keberadaan game online membawa pengaruh yang tidak baik bagi siswa, sehingga kebiasaan game online tersebut menyebabkan siswa mengurangi waktu belajarnya. Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kebiasaan bermain game online di SMK Negeri 1 Calang dan penerapan teknik self control dapat mengurangi kebiasaan bermain game online di SMK Negeri 1 Calang. Teknik Self Control diberikan untuk mengurangi kebiasaan bermain game online pada siswa SMKN 1 Calang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian one group pretes-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan tingkat kebiasaan bermain game online siswa dari kategori tinggi sebelum diterapkan teknik self control menjadi kategori sedang dan rendah sesudah penerapan teknik self control dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 6,627 > ttabel 1,859. Artinya penerapan teknik self control dapat mengurangi kebiasaan bermain game online di kalangan siswa SMKN 1 Calang. Saran penelitian ini agar dilakukan kajian lebih lanjut dalam penerapan teknik self control untuk mengurangi kebiasaan bermain game online pada siswa SMK Negeri 1 Calang dengan megambil subjek dan teknik lainnya. Rekomendasi untuk guru BK agar dapat memberikan teknik self control melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi kebiasaan bermain game online pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Raudhatul Husna Husna
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:46
Last Modified: 29 Aug 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31431

Actions (login required)

View Item
View Item