Analisis Strategi Pemasaran Syariah Pada Bisnis Food Truck Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Banda Aceh

Ari Septeadi, 180602070 (2023) Analisis Strategi Pemasaran Syariah Pada Bisnis Food Truck Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pemasaran, Ekonomi Kreatif, dan Food Truck] Text (Strategi Pemasaran, Ekonomi Kreatif, dan Food Truck)
Ari Septeadi, 180602070, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Pemasaran di era persaingan global telah beralih dari memperebutkan pangsa pasar menjadi memperebutkan pangsa peluang pasar, khususnya di pasar Indonesia yang memiliki populasi terbesar keempat di dunia, menjadikan Indonesia sebagai pasar potensial di masa depan bagi korporasi global, dikarenakan Indonesia memiliki keberagaman di semua sektor salah satunya bisnis food truck, yaitu berjualan makanan dan minuman dengan menggunakan kendaraan seperti mobil. Yang beberapa tahun terakhir sedang menjadi tren dan semakin banyak bermunculan di kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pada bisnis food truck di kota Banda Aceh dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran food truck dalam perspektif syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research (penelitian lapangan). Dari hasil penelitian bahwa strategi pemasaran produk (product), tempat (place), harga (price), promosi (promotion), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence) pada bisnis food truck dapat dikatakan mendorong kemajuan ekonomi kreatif di Banda Aceh, dan membuka lapangan pekerjaan. Jika ditinjau dari perspekstif syariah bisnis food truck dapat dikatakan menerapkan prinsip syariah pada bisnis mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Septeadi Ari
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:45
Last Modified: 28 Aug 2023 03:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31433

Actions (login required)

View Item
View Item