Implementasi Pembelajaran Fiqih Di Pesantren Asaasun Najaah Aceh Besar

Nur Aini, 190201123 (2023) Implementasi Pembelajaran Fiqih Di Pesantren Asaasun Najaah Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Implementasi Pembelajaran Fiqih Di Pesantren Asaasun Najaah Aceh Besar] Text (Implementasi Pembelajaran Fiqih Di Pesantren Asaasun Najaah Aceh Besar)
Nur Aini, 190201123, FTK, PAI, 085363027393.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Implementasi pembelajaran fiqih di pesantren bertujuan untuk membekali para santri dalam mengetahui dan memahami pokok-pokok ajaran Islam secara terperinci dan menyeluruh baik berupa dalil naqli maupun dalil aqli, santri tidak hanya mengetahui secara materi saja namun mampu mengaplikasikan dalam praktiknya sehari-hari sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Proses pembelajaran fiqih di pesantren Asaasun Najaah, (2) Ruang lingkup pembelajaran fiqih di pesantren Asaasun Najaah, (3) Metode pembelajaran fiqih di pesantren Asaasun Najaah, dan (4) Evaluasi pembelajaran Fiqih di Pesantren Asaasunnajaah Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek data dalam penelitian ini adalah tengku pengajar fiqih dan santri. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah menjelaskan bahwasannya proses pelaksanaan pembelajaran fiqih di pesantren Asaasun Najaah diawali dengan kegiatan berdoa dan mengecek kehadiran santri kemudian melaksanakan belajar mengajar dengan membaca baris kitab, menerjemahkan, dan menjelaskan, kemudian tengku memberi kesempatan kepada santri untuk menanyakan materi yang belum dipahami. Dari segi ruang lingkup pembelajaran fiqihnya, ada beberapa kitab yang belum selesai dibelajarkan pada kelas yang telah ditentukan dalam kurikulum dan kurikulum di pesantren Asaasun Najaah belum sesuai dengan standar kurikulum dalam Qanun Aceh No.9 Tahun 2018 Tentang penyelenggaraan pendidikan dayah. Dan ada beberapa hal yang belum teraplikasikan dengan baik seperti kurangnya metode baru dalam pembelajaran fiqih seperti metode demonstrasi dan lain-lain. Kemudian dari segi evaluasi pembelajaran fiqih dilaksanakan pada setiap akhir semester satu dan dua serta evaluasi permaterinya, namun tengku kurang mengamati terhadap praktik ibadah santri dalam sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Aini
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:18
Last Modified: 29 Aug 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31440

Actions (login required)

View Item
View Item