Penerapan Media Permainan Tradisional Bakiak Panjang Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh

Mila Mardewi Ubat, 180213033 (2023) Penerapan Media Permainan Tradisional Bakiak Panjang Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Media Permainan Tradisional Bakiak Panjang Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh] Text (Penerapan Media Permainan Tradisional Bakiak Panjang Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa di SMP Negeri 8 Banda Aceh)
Skripsi Mila Mardewi Ubat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Perilaku agresif merupakan salah satu fenomena sosial yang masih sering terjadi dikalangan remaja dan termasuk dalam tindakan-tindakan diskriminatif, dan bertentangan dengan norma-norma yang berlaku di sekolah dan masyarakat. Perilaku agresif merupakan salah satu bentuk ungkapan emosi akibat adanya suatu ketidakberhasilan yang dialami serta disebut juga sebagai perilaku negatif atau antisosial. Agresivitas dapat ditunjukkan oleh seseorang ataupun sekelompok orang baik secara verbal maupun fisik yang bertujuan untuk menyakiti atau melukai orang lain. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media permainan tradisional bakiak panjang dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa SMP Negeri 8 Banda Aceh. Sampel penelitian sebanyak 9 orang siswa yang didapatkan dari hasil uji data pretest dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert untuk mengukur tingkat agresivitas siswa. Penyebaran angket dilakukan kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Setelah memperoleh data, selanjutnya data dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai t hitung sebesar 9.583 lebih besar dibandingkan t tabel sebesar 1.859 (9.583>1.859). Artinya, terjadi penurunan pada tingkat perilaku agresif siswa sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan penelitian menunjukkan penerapan media permainan tradisional bakiak panjang dapat mengurangi perilaku agresif pada siswa. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi penelitian selanjutnya terkait penerapan permainan bakiak panjang sebagai media dalam mengurangi perilaku agresif siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mila Mardewi Ubat Mila
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:22
Last Modified: 29 Aug 2023 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31442

Actions (login required)

View Item
View Item