Kompetensi Profesionalisme Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Pada PTKIN di Aceh

Imran, M. Ag, 2020067102 (2023) Kompetensi Profesionalisme Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Pada PTKIN di Aceh. In: Kompetensi Profesionalisme Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Pada PTKIN di Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kompetensi Profesionalisme Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Pada PTKIN di Aceh] Text (Kompetensi Profesionalisme Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0 Pada PTKIN di Aceh)
009 - 10x Laporan Akhir Penelitian 2022-Imran-Profesionalisme Dosen 4.0 - imram imram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Focus Penelitian ini mengkaji tentang kompetensi profesionalisme dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) dalam menyongsong era revolusi industri 4.0 pada PTKIN Di Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah motode kualitatif. Adapun Subjek penelitian 50 orang terdiri dari; 2 orang dekan FTK, 1 orang ketua Jurusan Tarbiyah dan Keguruan, 6 orang wakil Dekan FTK, dan 49 orang dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada PTKIN di provinsi Aceh yang ditentukan secara purposive. Pengumpulan data menggunakan teknik; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisis data menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan; (1) Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada PTKIN di provinsi Aceh memiliki kompetensi profesionalisme yang bagus dalam menyongsong era revolusi industry 4.0, (2) Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada PTKIN di Aceh memiliki keterampilan yang baik terhadap pemanfaatan media teknologi perkuliahan. Adapun media teknologi yang sering digunakan dalam proses perkuliahan berupa; Goole Classroom, Goole Meet, Zoom, dan Whats App, dan (3) Strategi pengembangan kompetensi profesionalisme dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada PTKIN di Aceh dalam menyongsong era 4.0 dilakukan melalui pendidikan doktor dan pelatihan penggunaan media teknologi. Secara keseluruhan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan pada PTKIN di Aceh sudah profesional. Namun demikian, peningkatan kompetensi profesionalisme dosen perlu ditingkatkan secara berkelanjutan sehingga lebih profesional dalam pelaksanaan tugas di era 4.0.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 16 Oct 2023 03:13
Last Modified: 16 Oct 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31455

Actions (login required)

View Item
View Item