Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Pada Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia

Warul Walidin AK, 2012115801 (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Pada Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia. In: Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Pada Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Pada Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia] Text (Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Pada Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia)
011 - 10x Laporan Akhir Penelitian 2022-Prof. Warul Walidin - warul walidin.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu focus dalam program pendidikan nasional, termasuk pada masa pandemi Covid-19. Dasar itu, maka penelitian ini lakukan dengan tujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 pada Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif dengan subjek 64 orang terdiri dari 4 kepala dan 60 orang guru yang bertugas pada 4 Madrasah Aliyah Negeri di empat Kabupaten tepatnya pada dua provinsi di Indonesia (provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Aceh). Subjek penelitian ditentutakn secara purposive. Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang ditemukan; (1) Strategi implementasi pendidikan karakter masa Covid-19 pada Madrasah Aliyah Negeri di provindi Sumatera Uatra dan provinsi Aceh dilakukan dengan integrasi dalam proses pembelajaran yang berlangsung secara daring. Sementara pada masa new normal proses pendidikan karakter berlangsung dengan tatap muka dalam kelas. Pendekatan. Selain itu juga menggunakan pendekatan modeling, (2) Nilainilai pendidikan karakter bangsa dinternalisasikan dalam proses pembelajaran dan dan kegiatan pengembangan diri yang terdapat pada madrasah, dan (3) Hambatan implementasi pendidikan karakter masa Covid-19 pada Madrasah Aliyah Negeri di Indonesia karena disebabkan faktor kemampuan guru terhdap penggunaan sistem pembelajaran daring masih kuruang. Selain itu, fasilitas jaringan internet yang tersedia pada madrasah masih terbatas. Solusi yang dilakukan berupa pengembangan keterampilan guru dalam bidang penggunaan sistem pembelajaran daring dan penembahan jaringan internet gratis oleh pemerintah Indonesia.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:00
Last Modified: 07 Nov 2023 08:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31459

Actions (login required)

View Item
View Item