Analisis Framing Pro-Kontra Pembukaan Federation International de Football Association (FIFA) World Cup 2022 di Qatar pada Media British Broadcasting Corporation (BBC) dan Liputan 6 sctv

fajar funna, fajar (2023) Analisis Framing Pro-Kontra Pembukaan Federation International de Football Association (FIFA) World Cup 2022 di Qatar pada Media British Broadcasting Corporation (BBC) dan Liputan 6 sctv. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Framing Pro-Kontra Pembukaan Federation International de Football Association (FIFA) World Cup 2022 di Qatar pada Media British Broadcasting Corporation (BBC) dan Liputan 6 sctv] Text (Analisis Framing Pro-Kontra Pembukaan Federation International de Football Association (FIFA) World Cup 2022 di Qatar pada Media British Broadcasting Corporation (BBC) dan Liputan 6 sctv)
SKRIPSI-FAJAR (kpi).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pembingkaian pro-kontra mengenai pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar yang dilakukan oleh media BBC dan Liputan 6 SCTV. Piala Dunia merupakan ajang olahraga terbesar di dunia yang menarik perhatian publik secara luas. Pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi kontroversial karena banyak isu terkait pelanggaran hak asasi manusia, kebebasan pers, dan kondisi kerja yang diperdebatkan.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis framing dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini melibatkan identifikasi dan analisis struktur wacana framing model zongdan pan dan Gerald M. kosichi yang digunakan oleh BBC dan Liputan 6 SCTV dalam melaporkan pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. Data yang digunakan adalah berita-berita yang dipublikasikan oleh kedua media tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agenda setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BBC dan Liputan 6 SCTV memiliki perbedaan dalam pembingkaian berita tentang pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. BBC cenderung mengambil sudut pandang yang lebih kritis dan menyoroti isu-isu kontroversial terkait hak asasi manusia dan kebebasan pers di Qatar serta tidak membahas tentang pembacaan surat Al-Hujurat ayat 13. Sementara itu, Liputan 6 SCTV cenderung memberikan pembingkaian yang lebih positif dan menekankan aspek kegembiraan dari ajang tersebut. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana media massa, seperti BBC dan Liputan 6 SCTV, membingkaikontroversi seputar pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. Pemahaman ini penting untuk membantu masyarakat dalam menginterpretasikan berita yang diberikan oleh media massa, serta mempertimbang kan sudut pandang yang beragam dalam isu-isu penting yang menjadi perhatian global.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: analisis framing, Piala Dunia 2022, Qatar, media BBC, Liputan 6 SCTV
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fajar Funna Fajar
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:15
Last Modified: 29 Aug 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31469

Actions (login required)

View Item
View Item