Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Kreatif Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas V Min 19 Aceh Besar

Ainul Mardhiah, 160209043 (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Kreatif Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas V Min 19 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Kreatif Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas V Min 19 Aceh Besar] Text (Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Kreatif Matematis Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran CTL Pada Siswa Kelas V Min 19 Aceh Besar)
Ainul Mardhiah, 160209043, FTK, PGMI, 85366196865.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Materi pecahan merupakan salah satu materi dari pembelajaran matematika dikelas V SD/MI, materi pecahan merupakan materi yang berkelanjutan dalam matematika. Oleh karena itu guru dapat mengaplikasikannya dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL agar siswa mampu berpikir kreatif matematis dalam memecahkan permasalahan kemampuan berpikir kreatif pada siswa yang terlihat masih kurang kreatif dalam mengungkapkan saran maupun pernyataan, kurang menjelaskan permasalahan secara terperinci dan juga kurang mampu menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dalam penerapan pendekatan pembelajaran CTL yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penerapan pendekatan pembelajaran CTL yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis di kelas V. (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis melalui penerapan pendekatan pembelajaran CTL di kelas V. Rancangan penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas V MIN 19 Aceh Besar dengan jumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes berpikir kreatif dan juga teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian pada aktivitas guru menunjukkan bahwa: (1) Aktifitas guru pada siklus I 80,35% dengan kategori baik. (2) Aktivitas guru pada siklus II 83,92% dengan kategori baik. (3) Aktivitas guru pada siklus III meningkat menjadi 91,07% dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian pada aktivitas siswa: (1) Aktivitas siswa pada siklus I 73,07% dengan kategori cukup, (2) Aktivitas siswa pada siklus II 80,76% dengan kategori baik. (3) Aktivitas siswa pada siklus III 88,46% dengan kategori baik sekali. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada (1) siklus I 51,35% dengan kategori cukup. (2) siklus II 59,23% dengan kategori cukup. (3) siklus III meningkat menjadi 76,57% dengan kategori baik. Sehingga dapat di simpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran CTL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di kelas V MIN 19 Aceh Besar .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif, pendekatan CTL, Model CTL, Pecahan.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ainul Mardhiah
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:50
Last Modified: 29 Aug 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31474

Actions (login required)

View Item
View Item