Pengembangan E-LKPD Dan Handout Dalam Memudahkan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMKN 1 Darul Kamal

Nur Icha Saputri, 170211122 (2023) Pengembangan E-LKPD Dan Handout Dalam Memudahkan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMKN 1 Darul Kamal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan E-LKPD Dan Handout Dalam Memudahkan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMKN 1 Darul Kamal] Text (Pengembangan E-LKPD Dan Handout Dalam Memudahkan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di SMKN 1 Darul Kamal)
Nur Icha Saputri, 170211122, FTK, PTE, 085294218646.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses pembelajaran di dalam kelas. E-LKPD merupakan media pembelajaran yang dirancang secara elektronik, berisi materi yang sistematis, gambar , animasi dan video yang menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Handout merupakan bahan tertulis yang disiapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan peserta didik, termasuk pada media ajar cetak. kendala yang terjadi di SMKN 1 Darul Kamal adalah masih menggunakan LKPD dalam bentuk kertas segi empat yang akan dibagikan kepada peserta didik, serta belum adanya Handout sebagai bahan ajar pendukung pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga dengan adanya E- LKPD dan Handout bisa menjadi inovasi terbaru untuk SMKN 1 Darul Kamal. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan E-LKPD dan Handout dalam memudahkan pembelajaran. Peneliti menggunakan teknik penelitian R&D, dengan jumlah sampel 4 pendidik yang terdiri dari 1 dosen dan 3 guru dengan menggunakan instrument penelitian angket validasi. Hasil penelitian menunjukkan respon pendidik terhadap E-LKPD dan Handout dalam memudahkan pembelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 Darul Kamal sudah baik untuk digunakan, berdasarkan hasil uji validasi ahli yang telah didapatkan, ahli media 1 menperoleh persentase 81%, ahli media 2 menperoleh persentase 88%, ahli materi memperoleh persentase 93%, dan ahli bahasa memperoleh persentase 88%. sehingga pada penelitian ini didapatkan E-LKPD dan Handout “baik” untuk digunakan pada pembelajaran dasar listrik dan elektronika di SMKN 1 darul kamal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, E-LKPD, Handout
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Nur Icha Saputri
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:37
Last Modified: 29 Aug 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31478

Actions (login required)

View Item
View Item