Populasi dan Preferensi Makan Buceros Bicornis di Tahura PMI sebagai Referensi MataKuliah Ekologi

Samsul Kamal, 2016058004 (2023) Populasi dan Preferensi Makan Buceros Bicornis di Tahura PMI sebagai Referensi MataKuliah Ekologi. In: Populasi dan Preferensi Makan Buceros Bicornis di Tahura PMI sebagai Referensi MataKuliah Ekologi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Populasi dan Preferensi Makan Buceros Bicornis di Tahura PMI sebagai Referensi MataKuliah Ekologi] Text (Populasi dan Preferensi Makan Buceros Bicornis di Tahura PMI sebagai Referensi MataKuliah Ekologi)
LP_PDI_2019-Samsul Kamal.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan merupakan satu kawasan konservasi alam yang terdapat di Provinsi Aceh. Kawasan Tahura Pocut Meurah Intan difungsikan juga sebagai tempat penelitian dan tempat pembelajaran, namun demikian kondisi ini telah berubah sejalan dengan tingginya aktivitas penduduk setempat seperti penebangan liar, alih fungsi hutan, pemburuan satwa liar, dan pembakaran hutan, yang berdampak terhadap ketersedian tumbuhan pakan dan tempat bersarang burung rangkong papan (Buceros bicornis). Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui kepadatan populasi burung rangkong papan (Buceros bicornis) di ekosistem Tahura Pocut Meurah Intan Provinsi Aceh; 2) mengetahui preferensi makan burung rangkong papan (Buceros bicornis) di ekosistem Tahura Pocut Meurah Intan Provinsi Aceh; 3) mengetahui pemanfaatan hasil penelitian populasi dan preferensi makan burung rangkong papan (Buceros bicornis) di ekosistem Tahura Pocut Meurah Intan Provinsi Aceh dalam matakuliah Ekologi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey explorative. Analisis data dilakukan secara kuantitaif dan kualitatif dengan menentukan kepadatan populasi dan keanekaragaman tumbuhan pakan burung rangkong papan (Buceros bicornis). Selain itu, data kualitatif ditampilkan dalam bentuk tabel dan gambar. Hasil penelitian yang dilakukan di Ekosistem Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan diketahui bahwa jumlah individu burung rangkong papan (Buceros bicornis) sebanyak 31 individu, dengan kepadatan populasi 1,55 ind/km2. Spesies pohon yang potensial sebagai pohon pakan dan bersarang burung rangkong papan (Buceros bicornis) sebanyak 14 spesies, yang terdiri dari 5 familia. Keanekaragaman jenis tumbuhan pakan burung rangkong papan (Buceros bicornis) yang terdapat di kawasan Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan tergolong sedang, dengan Ĥ = 2,6067. Hasil penelitian akan dimanfaatkan dalam bentuk buku referensi dalam pembelajaran mata kuliah Ekologi.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:05
Last Modified: 07 Nov 2023 09:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31481

Actions (login required)

View Item
View Item