Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMP Negeri Kota Lhokseumawe

Tasnim Idris, 2019125904 (2023) Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMP Negeri Kota Lhokseumawe. In: Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMP Negeri Kota Lhokseumawe. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMP Negeri Kota Lhokseumawe] Text (Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SMP Negeri Kota Lhokseumawe)
LP_PDI_2019-Tasnim Idris.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Lhokseumawe dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pemanfaatan media pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah Waka bagian kurukulum, kepala sekolah, guru bidang agama dan siswa pada sekolah masing-masing. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogic guru dalam pemanfaatan media pembelajaran di bagi ke dalam 3 bagian yang pertama: Kompetensi pedagogic guru dalam merangcang pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran guna membantu mereka dalam penyampaian materi pembelajaran kepada peserta didik, kedua: kompetensi pedagogic guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran adalah dapat membuat pembelajaran lebih aktif dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam proses belajar mengajar. dan ketiga: kompetensi pedagogic guru dalam melakukan penilaian dengan menggunakan media pembelajaran adalah untuk memudahkan guru dalam memberi penilaian dan media yang digunakan adalah laptop dengan menggunakan aplikasi penilaian. Kendala guru dalam pemanfaatan media pembelajaran PAI di SMPN Kota Lhokseumawe adalah belum menguasai ICT, keterbatas sarana/media pembelajaran yang akan digunakan, masalah teknis seperti mati lampu dan menyita waktu yang banyak jika tidak terampil digunakan.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:05
Last Modified: 07 Nov 2023 09:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31484

Actions (login required)

View Item
View Item