Peran Local Strongman Dalam Kontestasi Pilkada Kota Subulussalam Tahun 2018 (Studi Kasus Kemenangan Bintang-Salmaza di Kecamatan Penanggalan)

M. Syababum Mubasyira AR, 170801116 (2023) Peran Local Strongman Dalam Kontestasi Pilkada Kota Subulussalam Tahun 2018 (Studi Kasus Kemenangan Bintang-Salmaza di Kecamatan Penanggalan). Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Peran Local Strongman] Text (Membahas Tentang Peran Local Strongman)
M. Syababum Mubasyira AR_170801116.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran local strongman dalam kemenangan paslon Bintang-Salmaza di Kecamatan Penanggalan. Local strongman adalah orang kuat lokal yang dipandang memiliki pengaruh besar di dalam masyarakat. Fenomena local strongman ini sering muncul ketika pemilu diselenggarakan, local strongman sendiri dianggap mampu memperbanyak dukungan massa bagi calon kandidat Pilkada, dalam fenomena local strongman di Kecamatan Penanggalan ini, local strongman diyakini memiliki kekayaan diantara masyarakat lainnya, sehingga ia sering kali memberikan bantuan dan memberikan rasa aman sehingga secara tidak langsung masyarakat patuh terhadap local strongman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dianalisis menggunakan metode anilisis deskriptif dengan model analisis interaktif. Data dikumpulkan dengan teknik triangulasi serta menggunakan teori local strongman dari Joel S. Migdal. Penelitian ini berlangsung di Kota Subulussalam khususnya di Kecamatan Penanggalan, Basirun Harahap adalah objek penelitian ini sebab hanya Basirun Harahap yang memenuhi kriteria local strongman dari teori Joel S. Migdal. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Basirun Harahap adalah sosok yang dipandang memiliki pengaruh besar (local strongman) Kota Subulussalam serta memiliki kekayaan dan memiliki jiwa sosial yang tinggi. Local strongman ini juga sering mengadakan kegiatan kecil maupun kegiatan besar yang sangat berdampak bagi masyarakat di Kecamatan Penanggalan, bahkan local strongman ini juga sering memberikan bantuan sembako kepada masyarakat setempat dan juga membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kecamatan Penanggalan yang membutuhkan. Hal ini yang menjadikan sesosok local strongman ini memiliki pengaruh yang besar dalam perolehan suara pada Pilkada khususnya di Kecamatan Penanggalan karena masyarakat setempat sangat menghormati sosok local strongman ini dan masyarakat setempat juga segan (tidak sampai hati) untuk menolak ajakan local strongman ini untuk mendukung kandidatnya pada Pilkada Kota Subulussalam Tahun 2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: M. Syababum Mubasyira AR Syababum
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:34
Last Modified: 29 Aug 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31488

Actions (login required)

View Item
View Item