Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar

Wasyilah, 251324472 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gerak Lurus di Kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Model Pembelajaran]
Preview
Text (Mengenai tentang Model Pembelajaran)
WASYILAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of From B dan D.pdf]
Preview
Text
From B dan D.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Peukan Bada sering menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Pembelajaran ini bersifat teacher centered, sehingga proses pembelajaran kurang menarik, komunikasi antara guru dan siswa maupun antar siswa minim, partisipasi mereka dalam pembelajaran tergolong kurang, dan hasil belajar fisika pada materi gerak lurus tergolong rendah. Oleh karena itu perlu adanya model pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui aktivitas guru dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), (3) untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan (4) untuk mengetahui respon siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasy Exsperiment dengan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Peukan Bada yang menjadi sampel kelas eksperimen X-MIA3 yang berjumlah 20 orang dan kelas kontrol X-MIA2 yang berjumlah 21 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan (1) tes, (2) lembar observasi dan (3) lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan hasil uji statistik setelah digunakan model kooperatif Think Pair Share (TPS) didapat yaitu 6,17 > 1,68. (2) Hasil pengamatan aktivitas guru selama proses pembelajaran diperoleh sebesar 83,5%, (3) Hasil pengamatan aktivitas siswa dilihat berdasarkan model Think Pair Share (TPS) diperoleh sebesar 78,2% dikategorikan baik, dan (4) Hasil persentase respon siswa menunjukkan pada indikator 1 dengan rata-rata yang menjawab setuju (ya) sebanyak 120% dan menjawab tidak setuju (tidak) sebanyak 1% dan pada indikator 2 dengan rata-rata yang menjawab setuju (ya) sebanyak 90% dan menjawab tidak setuju (tidak) sebanyak 2% . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Eng. Nasrullah Idris, S.Si, M.T; 2. Eki Yuliyanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Gerak Lurus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Wasyilah Nurmaidah
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:01
Last Modified: 27 Mar 2018 08:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3149

Actions (login required)

View Item
View Item