Pengembangan Modul fisika Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi usaha dan energi di SMA/MA

Feri Kurniadi, 190204035 (2023) Pengembangan Modul fisika Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi usaha dan energi di SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Modul fisika] Text (Pengembangan Modul fisika)
Feri Kurniadi, 190204035, FTK, FISIKA, 082267658602.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan temuan analisis kebutuhan yang dilakukan di sekolah, mereka tetap menggunakan buku teks pelajaran fisika saat melakukan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan modul pemecahan masalah secara kreatif, yang dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa serta dibuat untuk membantu mereka berpikir dan bernalar dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan bahwa modul berbasis Creative Problem Solving layak digunakan. Model 4-D, yang terdiri dari mendefinisikan, mendesain, mengembangkan, dan menyebarluaskan, digunakan untuk menggambarkan bentuk penelitian ini, yang dikenal sebagai penelitian dan pengembangan (R&D). Namun, penelitian ini tidak menyelesaikan proses diseminasi. Lembar validasi dengan masukan dari ahli media dan materi digunakan dalam instrumen penelitian. Kelayakan modul yang ditentukan oleh ahli materi mendapatkan nilai persentase sebesar 95% dengan kategori sangat layak, sedangkan penilaian desain yang ditentukan oleh ahli media mendapatkan nilai persentase sebesar 90,78% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran CPS pada materi usaha dan energi bersifat sangat layak dan dapat diterapkan selama proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Feri Kurniadi
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:09
Last Modified: 29 Aug 2023 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31501

Actions (login required)

View Item
View Item