Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Pada Materi Hukum Archimedes di SMA/MA

Rauda Tunnur, 190204050 (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Pada Materi Hukum Archimedes di SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis)
Rauda Tunnur, 190204050, FTK, PFK, 081375379842.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas XI MA Darul Hikmah Kajhu bahwa media yang sering digunakan oleh guru adalah buku paket saja. Adapun masalah yang diperdapati adalah peserta didik kurang aktif dalam memahami pelajaran fisika, peserta didik tidak antusias dalam berdiskusi dan penggunaan media kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Dari masalah tersebut peneliti tertarik melaksanakan penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Animaker pada materi hukum Archimedes di SMA/MA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain, mengetahui tingkat kelayakan, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi berbasis Animaker. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model Alessi dan Trollip. Model Alessi dan Trollip memiliki beberapa tahapan yang terdiri dari 3 tahap, yaitu (1) Planning (perencanaan), (2) Design (perancangan), dan (3) Development (pengembangan). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian yang diperoleh dari Uji Alpha yaitu (1) validasi ahli media dengan rata-rata persentase 96% dengan kriteria sangat layak dan (2) hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Dari kedua hasil data persentase validator tentang media pembelajaran video animasi berbasis Animaker maka diperdapati rata-rata keseluruhan skor total adalah 93% dengan kriteria (sangat layak). Sedangkan pada hasil Uji Beta didapatkan skor rata-rata persentase sebesar 94,92% dengan kriteria sangat menarik. Terkait pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis Animaker pada materi hukum Archimedes di SMA/MA layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rauda Tunnur Rauda
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:57
Last Modified: 29 Aug 2023 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31516

Actions (login required)

View Item
View Item