Tata Kelola Wakaf Manfaat (Kajian Di Yayasan Wakaf Haroen Aly)

Cut Hadhira, 190602160 (2023) Tata Kelola Wakaf Manfaat (Kajian Di Yayasan Wakaf Haroen Aly). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Tata Kelola Wakaf Manfaat (Kajian Di  Yayasan Wakaf Haroen Aly)] Text (Tata Kelola Wakaf Manfaat (Kajian Di Yayasan Wakaf Haroen Aly))
Cut Hadhira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Geliat umat Islam dalam melaksanakan instrument wakaf sebagai penyokong perekonomian umat sudah sangat terasa hasilnya. Akhir-akhir ini banyak lembaga sosial keagamaan yang menawarkan diri sebagai pengelola dan pemberdayaan wakaf dengan maksud untuk melakukan pemanfaatan wakaf yang disiapkan Islam dalam penanggulangan bidang sosial, ekonomi, dan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tata Kelola Wakaf Manfaat (Kajian Di Yayasan Wakaf Haroen Aly). Metode penelitian ini adalah kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan Pengelolaan wakaf manfaat pada Yayasan Wakaf Haroen Aly sejauh ini sudah tergolong sangat baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Pengelolaan wakaf manfaat pada Yayasan Wakaf Haroen Aly juga menerapkan prinsip GCG (Good Corporate Government) yaitu prinsip yang transparansi, akuntabilitas, responsibility, indepedensi, dan juga fairness. Untuk peluang dalam mengelola wakaf manfaat pada Yayasan Wakaf Haroen Aly memiliki peluang tersendiri dalam menerima wakaf-wakaf yang bersifat muabbad (untuk selama-lamanya) atau bersifat permanen tergantung dengan waktu yang diberikan oleh pewakif. Tujuannya untuk memudahkan para pewakif dalam memantau, mengevaluasi apakah wakaf dari pada asset yang diberikan oleh para pewakif kepada Yayasan Wakaf Haroen Aly ini telah dikelola sesuai dengan tujuan dan niat awal dari pewakif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.252 Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Cut Hadhira Cut
Date Deposited: 29 Aug 2023 03:57
Last Modified: 29 Aug 2023 03:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31519

Actions (login required)

View Item
View Item