Penerapan Pasal 36 Qanun Aceh Besar Nomor. 8 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah

Syarafuddinil Uqaili, 160104108 (2023) Penerapan Pasal 36 Qanun Aceh Besar Nomor. 8 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Pasal 36 Qanun Aceh Besar Nomor. 8 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah] Text (Penerapan Pasal 36 Qanun Aceh Besar Nomor. 8 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Sampah)
Syarafuddinil Uqaili, 160104108, FSH, HPI, 082399255195.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Bedasarkan pengamatan penulis terhadap lokasi penelitian, penulis mendapati banyak sampah yang menumpuk bukan di tempatnya disebabkan oleh masyarakat yang tidak patuh dengan kebersihan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif masyarakat terhadap larangan membuang sampah sembarangan terhadap jalan atau tidak Qanun Nomor. 8 Tahun 2013 di Gampong Aneuk Bate. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini bahwa pengelolaan sampah yang ada sekarang belum berjalan sebagaimana qanun terapkan, dengan banyaknya kekurangan fasilitas yang belum memadai yang berikan oleh aparatur Gampong, seperti tempat sampah perlorong atau tempat sampah setiap rumah. Hal tersebut yang membuat Qanun tidak berjalan di Gampong Aneuk Batee yang membuat gampong tersebut tampak tidak mengkuti Qanun yang berjalan. Upaya menanggulangi pengelolaan sampah di Gampong Aneuk Batee pihak aparatur Gampong melakukan kegiatan seperti gotong royong setiap bulan sekali supaya Gampong Aneuk Batee terlihat bersih dan nyaman. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu implementasi Qanun Aceh Besar Nomor. 8 Tahun 2013, Kendala yang dialami oleh pemerintah daerah dalam implementasi Pasal 39 di Aceh Besar di gampong Aneuk Batee adalah pemerintahan kabupaten yang lebih berwenang dalam mengawasi qanun ini acuh tak acuh terhadap pelaksanaan Qanun, artinya mereka tidak mengawasi Gampong-gampong yang menjadi subjek dari Qanun ini, tidak menghiraukan berlakunya Qanun guna menciptakan lingkungan hidup yang sehat dalam masyarakat Gampong.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Qanun Aceh Besar, Pengelolaan Sampah
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Syarafuddinil Uqaili
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:00
Last Modified: 29 Aug 2023 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31521

Actions (login required)

View Item
View Item