Strategi Pengadaan Koleksi Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Simeulue Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat.

Trisna Wati, 160503098 (2022) Strategi Pengadaan Koleksi Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Simeulue Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pengadaan Koleksi Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Simeulue Dalam Memenuhi Kebutuhan  Informasi Masyarakat.] Text (Strategi Pengadaan Koleksi Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Simeulue Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat.)
REVISI PASCA SIDANG_TRISNA WATI 23 AGUSTUS 2023.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Koleksi perpustakaan dapat dipahami dimana semua informasi dalam bentuk cetak maupun dalam bentuk noncetak atau digital dikumpulkan, diolah dan di simpan untuk memenuhi kebutuhan informasi. Perpustakaan seyogyanya mesti melakukan peningkatan koleksi agar lieteratur diperpustakaan bisa terus bertambah sehinga memudahkan pemustaka dalam mencari referensi. Pengadaan koleksi rutin dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kersipan Kabupaten Simeuleu, namun dari segi jumlah masih terlihat minim sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan pustaka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pengadaan koleksi dan pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat terkait pengadaan koleksi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Simeuleu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan partisipan menggunakan Purposive sampling. Dari hasil penelitian yang peneliti peroleh strategi pengadaan koleksi yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Simeuleu adalah dengan melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perpustakaan Provinsi Aceh dan memperoleh sumbangan pribadi dan pengadaan dari sumber APBK. Adapun dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, proses awal yang dilakukan oleh pustakawan yakni berupaya untuk mengidentifikasi kebutuhan dari pemustaka. Kebutuhan informasi yang banyak digunakan oleh pemustaka yang berasal dari kalangan masyarakat meliputi kajian bidang sosial atau kebutuhan integrasi sosial dan kebutuhan integrasi pribadi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 025 Operasi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi > 025.2 Akuisisi dan Pengembangan Koleksi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Trisna Wati Trisna
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:34
Last Modified: 30 Aug 2023 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31523

Actions (login required)

View Item
View Item