Pengaruh Sentralisasi Perpustakaan Terhadap Akses Informasi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Labuhanbatu Sumatera Utara

Siti Zahara Kurniati, 170503024 (2023) Pengaruh Sentralisasi Perpustakaan Terhadap Akses Informasi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Labuhanbatu Sumatera Utara. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sentralisasi Perpustakaan, Desentralisasi, Akses Informasi] Text (Sentralisasi Perpustakaan, Desentralisasi, Akses Informasi)
Siti Zahara Kurniati, 170503024, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Perpustakaan Universitas Labuhanbatu Sumatera Utara dengan judul “Pengaruh Sentralisasi Perpustakaan Terhadap Akses Informasi Mahasiswa di Perpustakaan Universitas Labuhanbatu Sumatera Utara”. Perpustakaan tersebut telah menerapkan sentralisasi perpustakaan pada tahun 2019. Penerapan sentralisasi perpustakaan tersebut diharapkan memberikan perubahan yang baik bagi perpustakaan seperti kemudahan bagi pemustaka untuk mengakses infromasi tanpa terhalang jarak dan waktu, terpenuhinya kebutuhan informasi pemustaka yang beragam, dapat mengakses seluruh koleksi perpustakaan, mendapat pelayanan yang baik dari pustakawan, serta puas dengan jam buka perpustakaan. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh sentralisasi perpustakaan terhadap akses informasi di Perpustakaan Universitas Labuhanbatu Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan datanya yaitu angket dan dokumentasi, di mana angket tersebut disebarkan kepada sampel yang berjumlah 97 orang, dengan teknik pengambilan sampelnya berupa simple random sampling. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan bantuan SPSS versi 25, dengan perolehan nilai signifikansi regresinya adalah 0,000<0,1. Hasil dari penelitian ini adalah Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya terdapat pengaruh antara sentralisasi perpustakaan dengan akses informasi. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah 0,153 atau 15,3% yang menunjukkan bahwa sentralisasi perpustakaan memberikan pengaruh positif sebesar 15,3% terhadap akses informasi mahasiswa di perpustakaan Universitas Labuhanbatu Sumatera Utara. Nilai koefisien korelasi (R) yang diperoleh sebesar 0,391 dan apabila diinterpretasikan pengaruh tersebut termasuk dalam kategori lemah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Siti Zahara Kurniati Siti
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:20
Last Modified: 30 Aug 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31525

Actions (login required)

View Item
View Item