Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional Oleh Masyarakat di Desa Paya Ateuk Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan

Erbaita, 150703053 (2022) Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional Oleh Masyarakat di Desa Paya Ateuk Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional Oleh Masyarakat di Desa Paya Ateuk  Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan] Text (Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional Oleh Masyarakat di Desa Paya Ateuk Kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan)
uploda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tumbuhan obat merupakan semua jenis tumbuhan yang menghasilkan satu atau lebih komponen aktif yang digunakan untuk marawat kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tumbuhan apa saja yang digunakan sebagai obat tradisional di Desa Paya Ateuk kecamatan Pasie Raja Kabupaten Aceh Selatan, bagian mana yang digunakan dalam mengolah tanaman obat dan untuk mengetahui bagian mana saja yang digunakan sebagai tumbuhan obat. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 1 bulan, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, survey lapangan dan teknik kuisioner. Reponden terdiri dari 40 orang yaitu 30 perempun dan sebanyak 10 orang laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis tanaman obat yang dimanfaatkan oleh masyarakat di Desa Paya Ateuk kecamatan Pasie Raja kabupaten Aceh Selatan teridentifikasi sebanyak 30 spesies. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan diolah dengan cara direbus, ditumbuk dan dibakar. Bagian taman yang digunakan yaitu daunnya sebanyak 59%, adapun cara pengolahannya dengan cara diremas sebanyak 24%, dan cara penggunaan tanaman obat dengan cara diminum sebanyak 52%. Bagian-bagian yang dimanfaatkan sebagai bahan pengolahan pengobatan tradisional ada 8 bagian terdiri dari daun, batang, buah, akar, biji, bunga, rimpang dan getah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa bagian tanaman yang sering digunakan adalah daun dengan presentase tertinggi yaitu 59%, biji sebanyak 21%, akar sebanyak 9%, bunga sebanyak 5%, sedangkan bagian rimpang, getah dan batang adalah yang paling sedikit digunakan dengan presentase sebanyak 2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 577 Ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Erbaita Er
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:11
Last Modified: 30 Aug 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31528

Actions (login required)

View Item
View Item