Dampak Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Anak (Studi Di Gampong Pasie Merapat Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)

Syafrian T, 441307523 (2020) Dampak Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Anak (Studi Di Gampong Pasie Merapat Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Dampak Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Anak (Studi Di Gampong Pasie Merapat Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan)] Text (Dampak Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Anak (Studi Di Gampong Pasie Merapat Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan))
SKRIPSI SYAFRIAN.T NIM 441307523 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Hadirnya smartphone pada masa kini menjadi kebutuhan yang umum bagi masyarakat. Bagi anak modern, saat smartphone menjadi bahagian yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari mereka, smartphone menjadi tempat belajar sampai teman mereka bermain, sehingga merubah cara kehidupan sosial anak dimana tidak ada lagi interaksi sosial secara fisik dimana interaksi sosial merupakan berbagai hal yang berhubungan dengan sosial yang berkaitan dengan hubungan antar individu, hubungan antara satu kelompok dengan kelompok yang lainnya. Sama halnya di Gampong Pasie Merapat Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan dimana interaksi sosial anak tidak terlihat lagi. berdasarkan permasalahan, fenomena, kondisi, dan kenyataan anak, dampak penggunaan smartphone dapat mempengaruhi interaksi sosial, sehingga peneliti sangat termotivasi untuk melakukan sebuah penelitian yang memberikan gambaran ilmiah keadaan yang terjadi di Gampong Pasie Merapat Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan tentang pengaruh smartphone terhadap anak dalam interaksi sosial dalam keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian dalam skripsi ini untuk mengetahui perubahan interaksi sosial anak dari penggunaan smartphone pada anak dan apa saja langkah dalam mengatasi pengaruh smartphone pada anak di Gampong Pasie Merapat Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan. Pendekatan dalam penelitian ini social anthropological approach yaitu pendekatan yang capai dari perilaku sehari-hari dengan mengindentifikasi dan menjelaskan bagaimana orang berprilaku di setting tertentu. Adapun motode penelitiannya adalah kualitatif dimana penelitian yang menekankan pada quality. Adapun Jenis penelitian dalam penulisan ini digolongkan kepada field research (penelitian lapangan) dengan mengadakan penelitian langsung ke lokasi untuk mencari data yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukan perubahan interaksi sosial anak yang menggunakan smartphone. Dampak positifnya;membantu menjalin komunikasijarak jauh,mempermudah mendapatkan informasi, mempermudah proses belajar mengajar. Dampak negatifnya; menjadikan anak disfungsi sosial, jarang melakukan komunikasi tatap muka, mengurangi kualitas interaksi langsung. Perubahan interaksi sosial anak;menjadi individualism, kurangnya menghargai pertemuan antar teman, keluarga maupun masyarakat. Langkah-langkah untuk mengatasi pengaruh smartphone; membuat wilayah bebas smartphone, membuat kegiatan yang menyenangkan, mewajibkan dengan tegas kepada orangtua untuk mengawasi penggunaan smartphone, memberikan waktu dalam penggunaan smartphone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syafrian. T Syafrian
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:53
Last Modified: 31 Aug 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31535

Actions (login required)

View Item
View Item