Implementasi Program Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SD IT An-Nur Pidie Jaya

Aida Zuhra, 191003034 (2023) Implementasi Program Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SD IT An-Nur Pidie Jaya. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi	Program	Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SD IT An-Nur Pidie Jaya] Text (Implementasi Program Akselerasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SD IT An-Nur Pidie Jaya)
8 Full Tesis (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran akselerasi ini untuk memenuhi siswa yang mempunyai kecerdasan yang luar biasa dalam menghafal al-Qur’an. Oleh karena itu diperlukan pelayanan khusus bagi siswa- siswi yang mempunyai kelebihan khusus dalam bidang menghafal al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program akselerasi dan faktor pendukung dan penghambat dalam program akselerasi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an Pada SD IT An-Nur Pidie Jaya. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program akselerasi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an Pada SD IT An-Nur Pidie Jaya diimplementasikan melalui penentuan tujuan dan sasaran yang dilakukan sejak awal semester, seleksi siswa untuk memetakan tingkat hafalan Qur’an, untuk memudahkan siswa belajar dilakukan belajar kelompok. Di sisi lain dalam mengajari siswa menghafal Qur’an guru membuat perencanaan pembelajaran dikolaborasikan dengan metode yang efektif kepada siswa. Untuk memudahkan siswa menghafal Qur’an diadakan pengaturan waktu yang efektif belajar, serta guru melakukan monitoring dan evaluasi dalam belajar, begitu juga orang tua dilibatkan dalam proses percepatan menghafal Qur’an. Siswa diberikan reward sebagai motivasi dalam belajar, dengan mendekorasikan suasana lingkungan belajar menghafal Qur’an siswa, dan juga guru diberikan pelatihan untuk mendalami mengenai hafalan Qur’an. Faktor pendukung dalam program akselerasi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an Pada SD IT An-Nur Pidie Jaya terdiri dari minat dan motivasi siswa yang tinggi dan juga perhatian yang diberikan oleh guru, serta fasilitas yang memadai di sekolah. Sedangkan penghambat yaitu adanya sifat malas dalam diri siswa, dan siswa belum begitu efektif dalam mengatur waktu sehingga ini menjadi suatu hambatan yang dialami siswa selama ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aida Zuhra Aida
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:15
Last Modified: 30 Aug 2023 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31539

Actions (login required)

View Item
View Item