Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 2 MTsN 2 Banda Aceh

Mu’arrifah Santika, 180213005 (2023) Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 2 MTsN 2 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 2 MTsN 2 Banda Aceh] Text (Efektivitas Pendekatan Differentiated Instruction dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas 2 MTsN 2 Banda Aceh)
Muarrifah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pendekatan DI dalam upaya meningkatkan kecerdasan interpersonal di kalangan siswa MTsN 2 Banda Aceh. Berdasarkan pengamatan awal yang peneliti lakukan di MTsN 2 Banda Aceh diketahui beberapa masalah kecerdasan intrapersonal di kalangan siswa, di antara ialah sebagian siswa masih sering terlihat sulit memahami dan berkomunikasi dengan baik bahkan siswa hanya berteman dengan siswa secara berkelompok-kelompok. Penelitian Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pendekatan differentiated instruction efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas 2 MTsN 2 Banda Aceh. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi sebanyak 234 sedangkan sampel sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan interpersonal siswa MTsN 2 Banda Aceh sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan Differentiated Instruction dari aktegori rendah menjadi kategori sedang dan tinggi. Hal ini diperkuat dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,129 > ttabel 0,729. Artinya pendekatan Differentiated Instruction efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa MTsN 2 Banda Aceh. Kesimpulan penelitian ini ialah pendekatan Differentiated Instruction sangat layak digunakan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Mu'arrifah Santika Santika
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:24
Last Modified: 30 Aug 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31541

Actions (login required)

View Item
View Item