Trend Negatif Di kalangan Perempuan di Banda Aceh

Qatrunnada Ramadhani, 190501014 (2023) Trend Negatif Di kalangan Perempuan di Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Trend Negatif Di kalangan Perempuan di Banda Aceh] Text (Trend Negatif Di kalangan Perempuan di Banda Aceh)
SKRIPSI QATRUNNADA RAMADHANI upload.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Banyak trend positif dan negatif yang muncul dan berkembang dalam masyarakat khususnya di kalangan perempuan di Banda Aceh. Salah satunya adalah Trend rokok elektrik (vape). Trend ini mulai berkembang di kalangan perempuan Banda Aceh sejak rokok elektrik mulai ramai dipergunakan yaitu sekitar tahun 2013-2014, diakibatkan oleh faktor eksternal yang dipengaruhi oleh lingkungan, maupun faktor internal yaitu keinginan dari diri sendiri. Berkembangnya vape di kalangan perempuan sudah dianggap sebagai trend atau gaya hidup (life style). Semakin sering melakukan aktivitas vaping, maka akan semakin dianggap keren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana trend rokok elektrik (vape) di kalangan perempuan, bagaimana pemahaman perempuan Banda Aceh terhadap rokok elektrik (vape), serta bagaimana pandangan masyarakat Banda Aceh terhadap pengguna rokok elektrik di kalangan perempuan di Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, penulis berupaya mengangkat serta menggambarkan trend yang sedang terjadi di kalangan masyarakat Banda Aceh khususnya perempuan. Penelitian ini dilakukan di Banda Aceh dan sekitarnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, maraknya trend rokok elektrik di kalangan perempuan kota Banda Aceh tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor yang melatarbelakanginya, baik itu dari faktor lingkungan maupun individu. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan trend rokok elektrik ini adalah gaya hidup dan kondisi lingkungan. Penggunaan rokok elektrik disamping sebagai suatu trend baru yang dipengaruhi oleh gaya hidup, Vapers perempuan Banda Aceh juga menganggap rokok elektrik sebagai suatu upaya untuk menyetarakan kedudukan perempuan dengan laki-laki dalam kehidupan sosial. Walaupun demikian, tidak dapat merubah banyak pandangan negatif dari lingkungan sekitar tentang vapers perempuan khususnya di Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297.2 Teologi Dokrin Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Qatrunnada Ramadhani Runa
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:41
Last Modified: 04 Sep 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31542

Actions (login required)

View Item
View Item