Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya

Abdul Haris Hasmar, 2006047204 (2023) Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya. In: Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya] Text (Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya)
LP_PDPS_2019-Abdul Haris Hasmar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada Madrasah secara baik haruslah berorientasi, bermakna dan relevan dengan perkembangan zaman. Pembelajaran tidak berhasil dengan baik tanpa menggunakan metode sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam saat ini belum berjalan sebagaimana mestinya, sebagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang membosankan. Penelitian ini pada dasarnya mengkaji problematika pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Lamno Aceh Jaya. Rumusan masalahnya problema apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran serta langkah-langkah apa saja yang ditempuh dalam mengatasi problema pembelajaran sejarah kebudayaan Islam?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kurang menarik bahkan bisa dikatakan membosankan. Dalam rangka memperbaiki persesi tersebut ada beberapa upaya yang dilakukan guru bidang studi sejarah kebudayaan Islam di Madrasah. Adapun upaya yang dilakukan guru adalah 1) memperbaiki strategi pembelajaran, guru mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam telah berupaya melakukan kreatifitas, yakni menggunakan metode yang bervariasi, tentunya yang berpusat pada siswa; 2) memberi motivasi belajar setiap kali pertemuan; 3) melakukan penilaian proses setiap kali pertemuan; 4) menggunakan pendekatan individu, edukatif, pengalaman dan pendekatan historis.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam > 2X0.9 Islam dan BIdang Lainnya
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:06
Last Modified: 07 Nov 2023 09:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item
View Item