Strategi Da'i Perkotaan dalam Mengimplementasikan Syariat Islam Secara Kaffah di Kota Banda Aceh

Abizal Muhammad Yati, 2020018203 (2023) Strategi Da'i Perkotaan dalam Mengimplementasikan Syariat Islam Secara Kaffah di Kota Banda Aceh. In: Strategi Da'i Perkotaan dalam Mengimplementasikan Syariat Islam Secara Kaffah di Kota Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Strategi Da'i Perkotaan dalam Mengimplementasikan Syariat Islam Secara Kaffah di Kota Banda Aceh] Text (Strategi Da'i Perkotaan dalam Mengimplementasikan Syariat Islam Secara Kaffah di Kota Banda Aceh)
LP_PDPS_2019-Abizal Muhammad Yati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Da’i perkotaan adalah lembaga dakwah yang fokus pada pelaksanaan usaha dakwah yang bergerak secara dinamis sesuai dengan kebutuhan dan sasaran dakwah secara umum di kota Banda Aceh. Da’i perkotaan dibentuk dalam rangka menjalankan misi walikota Banda Aceh untuk penguatan syariat Islam di Banda Aceh. Da’i perkotaan memiliki tugas tersendiri, yaitu meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran Islam bagi masyarakat Kota Banda Aceh melalui kegiatan dakwah, mendorong peningkatan Amaliah Ummat, menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Penelitian ini Secara metodologis merupakan penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Penelitian ini merumuskan tiga permasalahan yaitu: strategi yang digunakan oleh da’i perkotaan dalam mengimplementasikan syariat Islam secara Kaffah, capaian yang diperoleh oleh da’i perkotaan dan peluang dan tantangan yang dihadapi oleh da’i perkotaan dalam mengimplementasikan syariat Islam secara kaffah di Kota Banda Aceh. Setelah dilakukan penelitian maka ditemukan jawaban dari rumusan tersebut, terkait dengan strategi da’i perkotaan yang digunakan oleh da’i perkotaan dalam mengimplementasikan Syariat Islam secara Kaffah ada dua yaitu penyusunan program kerja dan menjalin kerjasama. Adapun capaiannya adalah terlaksananya ceramah rutin jumatan di sekolah-sekolah untuk membentuk pribadi muslim dikalangan pelajar sekolah, safari dakwah di mesjid-mesjid untuk menghudupkan shalat jamaah, kajian kaum perempuan untuk membentuk keluarga dan generasi yang shaleh, zikir setiap malam sabtu, dakwah public, dakwah warung kopi, dan dakwah perkantoran. Sementara peluang dan tantangan yang dihadapi da’i perkotaan yaitu adanya dukungan dari walikota Banda Aceh dalam bentuk penerbitan SK da’i dan pemberian insentif, adanya dukungan dari tokoh masyarakat. Sementara tantangannya minimnya partisipasi masyarakat dalam kegiatan dakwah, minimnya anggaran kegiatan dan tidak tersedianya sekretariat da’i perkotaan.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:06
Last Modified: 07 Nov 2023 09:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31544

Actions (login required)

View Item
View Item