Persepsi Dosen terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UiIN Ar-Raniry dengan Menggunakan Technology Acceptence Model (TAM)

Andika Prajana, 2009068401 (2023) Persepsi Dosen terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UiIN Ar-Raniry dengan Menggunakan Technology Acceptence Model (TAM). In: Persepsi Dosen terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UiIN Ar-Raniry dengan Menggunakan Technology Acceptence Model (TAM). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Persepsi Dosen terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UiIN Ar-Raniry dengan Menggunakan Technology Acceptence Model (TAM)] Text (Persepsi Dosen terhadap Layanan Aplikasi E-LKD UiIN Ar-Raniry dengan Menggunakan Technology Acceptence Model (TAM))
LP_PDPS_2019-Andika Prajana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Teknologi informasi dan telekomunikasi memberikan pengaruh pada aktifitas pendidikan dari tingkat sekolah dasar maupun tingkat perguruan tinggi. Perguruan Tinggi merupakan lembaga formal yang diharapkan dapat melahirkan tenaga kerja kompeten yang siap menghadapi revolusi industri 4.0 seiring dengan kemajuan teknologi. Keahlian kerja, kemampuan beradaptasi dan pola pikir yang dinamis menjadi tantangan bagi sumber daya manusia, salah satunya sebagai dosen pada Perguruan Tinggi. Dalam upaya pengawasan mutu dosen di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi mereka menggunakan aplikasi berbasis online E-LKD (Electronic “Laporan Kinerja Dosen”). Aplikasi ini dimanfaatkan sebagai sarana dalam pelaporan kegiatan per-semester dosen dan juga sebagai penilaian asesor lingkungan perguruan tinggi dalam memutuskan kelayakan tunjangan sertifikasi dan tunjangan remunerasi bagi dosen-dosen UIN Ar-Raniry. Tujuan meneliti ini adalah membuktikan secara empiris pengaruh antara variabel perceived usefulnes, technology support dan perceived ease of use terhadap attitude toward dan terhadap behavior intention dalam menggunakan fitur dan layanan dalam aplikasi E-LKD. Penelitian menggunakan metode studi kasus, dengan melihat karakteristik masalah yang berkaitan dengan latar belakang dan kondisi saat ini dari subjek yang diteliti, serta interaksinya dengan lingkungan. Penelitian ini menggunakan data kuisioner terhadap 100 orang dosen UIN-Raniry. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel presepsi kemudahan, kualitas dukungan teknologi dan presepsi kegunaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap sikap dan perilaku dosen.

Item Type: Book Section
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 003 Systems
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Arsitek
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:06
Last Modified: 07 Nov 2023 09:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31545

Actions (login required)

View Item
View Item