Analisis Gender Dalam Perspektif K.H. Husein Muhammad

Assyifa Mardhatillah, 180404068 (2022) Analisis Gender Dalam Perspektif K.H. Husein Muhammad. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Gender Dalam Perspektif K.H. Husein Muhammad] Text (Analisis Gender Dalam Perspektif K.H. Husein Muhammad)
Assyifa Mardhatillah, 180404068, FDK, PMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Masalah gender sering kali menimbulkan suasana yang kurang nyaman, karena dianggap sebagai Barat-sentris. Bahkan sering kali terjadi kerancuan pandangan ulama terhadap konsep ini. Karenanya beberapa feminis muslim, berusaha memberikan counter pemikiran untuk menjernihkan pemahaman terhadap konsep gender, sebagaimana yang dilakukan oleh feminis muslim Indonesia K.H. Husein Muhammad, dan feminis Mesir, Qasim Amin. Namun demikian keragaman konteks kehidupan keduanya memberikan sudut pandang berbeda dalam analisis gender. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemikiran kedua tokoh ini melalui penelitian kualitatif dengan library research, dan model penjabaran deskriptif- komparatif. Hasilnya, ditemukan bahwa keduanya memiliki kesamaan dalam semangat humanisme Islam untuk membebaskan perempuan dari pemahaman yang diskriminatif terhadap perempuan. Akan tetapi keduanya memiliki fokus berbeda, dimana KH Husein fokus pada me-reintrepretasi dalil-dalil dan ketentuan Fiqh yang terkait dengan relasi perempuan dan laki-laki. Sementara Qasim Amin fokus pada konsep gender dan pembangunan yang dikaitkan dengan semangat kesetaraan Islam dalam Al-Qur'an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Assyifa Mardhatillah Assyifa
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:37
Last Modified: 30 Aug 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31549

Actions (login required)

View Item
View Item