Pengaruh Setifikasi Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 1 Jaya Aceh Jaya

Chairan M. Nur, 2022025601 (2023) Pengaruh Setifikasi Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 1 Jaya Aceh Jaya. In: Pengaruh Setifikasi Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 1 Jaya Aceh Jaya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Setifikasi Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 1 Jaya Aceh Jaya] Text (Pengaruh Setifikasi Terhadap Kompetensi Profesional Guru SMA Negeri 1 Jaya Aceh Jaya)
LP_PDPS_2019-Chairan M. Nur.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (837kB)

Abstract

Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen, sertifikat pendidik adalah bukti formal sebagai pengakuan yang diberikan kepada guru dan dosen sebagai tenaga profesional. Hasil observasi, mengindikasikan salah satu nya bahwa proses pembelajaran guru dalam menyampaikan materi sulit diterima dan dipahami serta kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses belajar. Disamping itu, ada kemungkinan bahwa guru tidak profesional dalam mengajar sebagaimana yang diharapkan dari program sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi professional guru SMA N 1 Jaya Aceh Jaya. Hasil penelitian menunjukkan terjadi pengaruh signifikan, dapat dibuktikan dengan hasil analisis angket baik dari variable kompetensi professional guru maupun sertifikasi guru. Pada variable kompetensi professional guru, baik indikator perencanaan, indikator pelaksanaan maupun indikator penilaian semuanya dalam kriteria sangat tinggi. Sedangkan variable sertifikasi SMA N 1 Jaya Aceh Jaya menunjukkan bahwa kualifikasi akademik, pengalaman mengajar, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dari atasan dan pengawas, prestasi akademik, keikutsertaan dalam forum ilmiah, pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang pendidikan dan sosial semuanya dalam kategori sangat tinggi, kecuali pendidikan dan pelatihan dalam kategori rendah serta karya pengembangan profesi dan penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan dalam kategori cukup.

Item Type: Book Section
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 379 Isu kebijakan publik menyangkut pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:07
Last Modified: 07 Nov 2023 09:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31550

Actions (login required)

View Item
View Item