Penerapan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMPN 10 Darul Makmur Nagan Raya

Rahmat Fazilon, 170207122 (2023) Penerapan Media Monopoli untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak di SMPN 10 Darul Makmur Nagan Raya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Monopoli, Sistem Gerak, Aktivitas dan Hasil Belajar.] Text (Media Monopoli, Sistem Gerak, Aktivitas dan Hasil Belajar.)
Rahmat Fazilon, 170207122, FTK, PBL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah pembawa informasi yang dirancang khusus untuk memenuhi tujuan dalam situasi belajar mengajar yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar peserta didik. Hasil observasi mendapatkan informasi bahwa pada saat proses pembelajaran tentang materi sistem gerak susah dipahami dan pada saat proses pembelajaran hanya dijelaskan dibuku paket dan LKS saja sehingga siswa tidak aktif dan merasa bosan pada saat proses belajar yang sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa melalui penerapan media monopoli dalam materi sistem gerak dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan media monopoli dalam materi sistem gerak di SMPN 10 Darul Makmur Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan Jenis metode eksperimen pre eksperimental dengan model one group pretest posttest desin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Materi Sistem Gerak dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa Kelas VIII SMPN
10 Darul Makmur dengan persentase pada pertemuan pertama yaitu 78,57 % termasuk kategori sangat aktif dan pada pertemuan kedua terjadi peningkatan yaitu didapatkan rata-rata presentase aktivitas belajar peserta didik sebesar 85 % dengan kategori sangat aktif. Penggunaan media pembelajaran monopoli pada materi sistem gerak dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMPN 10
Darul Makmur, dibuktikan melaui analisis data menggunakan rumus statistik uji t pada taraf α = 0,05dengan derajat bebas (db) yaitu 22 dengan hasil yang diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung4,6 ≥ ttabel = 1,71), maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rahmat Fazilon Fazil
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:42
Last Modified: 30 Aug 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31551

Actions (login required)

View Item
View Item