Potensi Bakteri Pengikat Nitrogen dari Tanah Gambut Terhadap Pertumbuhan Kol (Brassica Oleracea)

Feizia Huslina, 2012048701 (2023) Potensi Bakteri Pengikat Nitrogen dari Tanah Gambut Terhadap Pertumbuhan Kol (Brassica Oleracea). In: Potensi Bakteri Pengikat Nitrogen dari Tanah Gambut Terhadap Pertumbuhan Kol (Brassica Oleracea). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Potensi Bakteri Pengikat Nitrogen dari Tanah Gambut Terhadap Pertumbuhan Kol (Brassica Oleracea)] Text (Potensi Bakteri Pengikat Nitrogen dari Tanah Gambut Terhadap Pertumbuhan Kol (Brassica Oleracea))
LP_PDPS_2019-Feizia Huslina.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Peningkatan jumlah penduduk yang sangat tinggi menyebabkan kebutuhan pangan juga meningkat. Salah satu tanaman pangan yang perlu ditingkatkan produksinya adalah kol (Brassica oleracea). Salah satu upaya dalam peningkatan pangan yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan mikroorganisme untuk pembudidayaan tanaman. Salah satu jenis mikroorganisme yang telah diketahui mampu untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman adalah bakteri penambat nitrogen. Bakteri ini mampu mengikat nitrogen bebas di udara dan mengubahnya menjadi senyawa yang dibutuhkan oleh tanaman. Tanah gambut merupakan tanah yang mengandung kandungan organik yang tinggi dan memiliki kekayaan mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bakteri pengikat nitrogen yang diisolasi dari tanah gambut dalam membantu meningkatkan pertumbuhan tanaman kol (Brassica oleraceae). Penelitian ini menggunakan media tanah gambut steril tanpa pemberian bakteri pengikat nitrogen sebagai perlakuan kontrol dan media tanah gambut dengan perlakuan bakteri pengikat nitrogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri pengikat nitrogen yang telah diisolasi dari tanah gambut berjumlah sembilan (T1 Mg 1, T1 Mg 2, T1 Mg5, T1 Mg 7, T2 Lg 1, T2 Lg 2, T2 Lg 8, T2 Lg 3, dan T2 Lg 7), serta bakteri ini memberikan pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan tanaman kol. Hal ini ditandai dengan adanya pertambahan ukuran pada tinggi batang, jumlah dan lebar daun.

Item Type: Book Section
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 575 Bagian Spesifik dan sistem Fisiologi Pada Tumbuhan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 09:07
Last Modified: 07 Nov 2023 09:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31554

Actions (login required)

View Item
View Item