Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Literasi pada Madrasah di Indonesia

Wati Oviana, 2018108101 (2023) Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Literasi pada Madrasah di Indonesia. In: Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Literasi pada Madrasah di Indonesia. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Literasi pada Madrasah di Indonesia] Text (Implementasi Pendidikan Karakter dan Budaya Literasi pada Madrasah di Indonesia)
LP_PTKSN_2020-Wati Oviana.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan karakter dan buadaya literasi merupakan dua hal penting yang menjadi sasaran pendidikan Nasional. Implementasi pendidikan karakter dan budaya literasi menjadi suatu keharusan manakala sudah menjadi kebijakan Nasional melalui kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dan budaya literasi berbasis budaya sekolah dan kelas pada Madrasah di Aceh dan Medan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui analisis dokumen, wawancara, dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dan budaya literasi berbasis budaya sekolah dilakukan oleh Madrasah di Medan dan Aceh melalui perumusan visi dan misi, penyusunan program kurikulum dan non program non kurikulum yang bernuansa karakter dan literasi serta penyediaan fasilitas dan pengkondisian lingkungan sekolah yang bernuansa karakter. Sedangkan implementasi pendidikan karakter dan budaya literasi berbasis kelas dilakukan melalui program kelas, pembiasaan dan keteladanan dan terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puslitpen Ar-Raniry
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:37
Last Modified: 07 Nov 2023 08:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31564

Actions (login required)

View Item
View Item