Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran Kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya

Nurramadhani, 180201126 (2023) Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran Kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Metode Snowball Throwing, Motivasi, Hasil Belajar, Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran] Text (Metode Snowball Throwing, Motivasi, Hasil Belajar, Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran)
Nurramadhani, 180201126, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar di karenakan pembelajaran yang dilaksanakan dengan metode konvensional dan kurangnya metode yang digunakan sehingga peserta didik melakukan kegiatan yang di luar aktivitas siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Dalam Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap Siklus terdiri dari Empat Tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi tahapan ini dilakukan sampai menemukan ketuntasan menurut kriteria penilaian. Salah satu kelas yang dijadikan Sampel pada Kelas VIII-1 di sekolah SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar pada siklus I dengan Perolehan Hasil presentase Respon Motivasi 75,34% Aktivitas Siswa 66,66%, dan Hasil Belajar 37,5%. Sementara pada pengamatan yang di lakukan oleh Peneliti pada Siklus II mengalami peningkatan dalam perolehan presentase Hasil respon Motivasi Siswa 97,9% , Aktivitas Siswa 88,23%, dan Hasil Belajar 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran, kelas VIII SMPN 3 Ingin Jaya mampu untuk memenuhi kualitas yang baik di dalam hasil belajar yang di tetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurramadhani Nura
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:00
Last Modified: 30 Aug 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31571

Actions (login required)

View Item
View Item