Sedekah Lelang Sebagai Filantropi Sosial: Studi Di Desa Tengah Peulumat Aceh Selatan

Maulia Diah Pitaloka, 180305012 (2022) Sedekah Lelang Sebagai Filantropi Sosial: Studi Di Desa Tengah Peulumat Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Sedekah Lelang Sebagai Filantropi Sosial: Studi Di Desa Tengah Peulumat Aceh Selatan] Text (Sedekah Lelang Sebagai Filantropi Sosial: Studi Di Desa Tengah Peulumat Aceh Selatan)
Maulia Diah Pitaloka, 180305012, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana partisipasi sosial masyarakat desa Tengah Peulumat Aceh Selatan dalam bersedekah untuk menambah santunan anak Yatim dan pembangunan Mesjid dengan bersedekah dari hasil pertanian mereka dan barang-barang yang mudah untuk mereka sedekahkan. Kemudian hasil sedekah tersebut dilelangkan oleh pengurus lelang kepada masyarkat lainnya. Oleh karena itu, penulis ingin melihat bagaimana partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan sedekah lelang, faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan sedekah lelang tersebut dan apa hasil dan manfaat dari program sedekah lelang tersebut untuk masyarakat desa Tengah Peulumat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara secara langsung kepada masyarakat desa Tengah Peulumat dengan jumlah informan sembilan orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat ikut berpartisipasi dalam bersedekah dalam bentuk berupa buah-buahan, sayuran, beras, kue, cabai dan lain-lain. Faktor pendukung terlaksananya pelaksanaa sedekah lelang ini terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Hasil dan mamfaat yang di peroleh masyarakat desa Tengah Peulumat dalam program sedekah lelang yaitu mereka bisa mensejahterakan anak Yatim dan membangun sebuah Mesjid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.251 Sadaqah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Maulia Diah Pitaloka Maulia
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:00
Last Modified: 30 Aug 2023 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31572

Actions (login required)

View Item
View Item