Strategi Pemasaran Warung Kopi Zakir Kupi dalam Meningkatkan dan Mempertahakan Konsumen Ditinjau dalam Etika Bisnis Islam

Muksal Mina, 180602149 (2023) Strategi Pemasaran Warung Kopi Zakir Kupi dalam Meningkatkan dan Mempertahakan Konsumen Ditinjau dalam Etika Bisnis Islam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pemasaran, Warung Kopi, Etika Bisnis Islam] Text (Strategi Pemasaran, Warung Kopi, Etika Bisnis Islam)
Muksal Mina, 180602149, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Dunia bisnis mengalami perubahan yang cepat dengan adanya persaingan yang sangat ketat sehingga menjadikan peranan fungsi pemasaran semakin berpengaruh bagi pelaku usaha guna menjaga perkembangan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran warung kopi Zakir Kupi dalam meningkatkan dan mempertahakan konsumen ditinjau dalam etika bisnis Islam. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh warung kopi Zakir Kupi, apa saja kendala yang dialami dan solusi yang dilakukan oleh warung kopi Zakir Kupi, dan apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh warung kopi Zakir Kupi dalam meningkatkan dan mempertahakan konsumen telah sesuai dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa strategi produk, harga, tempat maupun promosi yang diterapkan oleh warung kopi Zakir Kupi dalam memperoleh keuntungan bagi kelangsungan bisnis warung kopi, apabila ditinjau dari teori syariat Islam maka telah sesuai dan tidak bertentangan dengan kajian hukum yang ada pada ketetapan syariat Islam. Kendala yang dihadapi oleh warung kopi Zakir Kupi Banda Aceh dalam meningkatkan dan mempertahankan konsumen adalah semakin banyak warung kopi yang ada di Kota Banda Aceh sehingga persaingan bisnis di dunia warung kopi semakin ketat. Adapun solusi yang dilakukan oleh Zakir Kupi yaitu dengan cara berinovasi untuk menambah produk atau menu-menu menarik lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muksal Mina Muksal
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:02
Last Modified: 30 Aug 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31573

Actions (login required)

View Item
View Item