Efektivitas Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas Vii-B SMP Negeri 1 Krueng Sabee Aceh Jaya

Melisa Hanum, 180213029 (2023) Efektivitas Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas Vii-B SMP Negeri 1 Krueng Sabee Aceh Jaya. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas Vii-B SMP Negeri 1 Krueng Sabee Aceh Jaya] Text (Efektivitas Media Permainan Monopoli Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas Vii-B SMP Negeri 1 Krueng Sabee Aceh Jaya)
SKRIPSI MELISA HANUM PBK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Percaya diri memiliki peran yang cukup penting dalam keberhasilan belajar khusunya siswa dan siswi SMP Negeri 1 Krueng Sabee Aceh Jaya, agar siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran didalam kelas maupun di lingkungan sekolah, berani terampil dalam menyampaikan pendapat serta mampu mengimplementasikan pengetahuan yang dipelajarinya. Selama ini tingkat kepercayaan diri sebagian siswa terlihat masih kurang, dimana terdapat sebagian siswa yang tidak mau aktif berbicara di kelas seperti mengerjakan tugas di kelas yang diberikan guru, sehingga satu siswa dengan siswa lainnya saling menolak keinginan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat percaya diri siswa sebelum dan sesudah penerapan media permainan monopoli di kelas VII-B SMPN 1 Kreung Sabee Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian pre-eksperimen. Desain penelitian one group pree test-post test. Subjek penelitian siswa kelas Kelas VII-B SMPN 1 Krueng Sabee Aceh Jaya yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 2 kelas, sedangkan yang diteliti sebanyak 18 orang dan diberikan treatment sebanyak 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pembagian angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kepercayaan diri siswa dari kategori sedang sebelum diterapkan permainan monopoli mejadi menjadi kategori tinggi sesudah penerapan permainan monopoli. Hal ini diperkuat dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 11,058 > ttabel 1,753. Artinya penerapan permainan monopoli efektif meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII-B SMPN 1 Krueng Sabee Aceh Jaya. Rekomendasi untuk seluruh guru BK agar dapat mengimplementasikan media monopoli untuk meningkatkan percaya diri siswa. Saran penelitian ini agar dilakukan kajian lebih lanjut dalam melihat kepercayaan diri siswa SMPN 1 Krueng Sabee Aceh Jaya dengan mengambil subjek dan permainan lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Melisa Hanum Hanum
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:27
Last Modified: 30 Aug 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/31575

Actions (login required)

View Item
View Item